mencari no.nota berdasarkan tanggal jatuh tempo

  1. ‹ Older
  2. 3 bulan yang lalu

    ok om @Caton , sy pelajari dulu contoh dari si om, nanti klo kurang pas, kita lanjut diskusinya

  3. om @Caton ini saya sertakan file dan penampilan data yg diinginkan , smoga bisa dipahami

  4. Caton

    Agu 24 Terverifikasi Indonesia + 12.523 Poin

    @hima ... ini saya sertakan file dan penampilan data yg diinginkan ...

    Sudahkan @Hima membuka dan mempelajari file yang saya lampirkan terakhir di atas? Coba periksa kembali deh. Pada file tersebut:

    — Sheet CETAK-01A sampai dengan sheet CETAK-03A adalah contoh untuk filter data berdasarkan kriteria tagihan BELUM LUNAS untuk TANGGAL JATUH TEMPO sesuai tanggal pada sel C4. Dalam hal ini, semua data yang tanggal jatuh temponya sesuai dengan tanggal pada sel C4, akan ditampilkan. Perbedaan dari ketiga sheet tersebut adalah tekniknya.

    — Sheet CETAK-01B sampai dengan sheet CETAK-03B adalah contoh untuk filter data berdasarkan kriteria tagihan BELUM LUNAS pada TANGGAL JATUH TEMPO sesuai tanggal pada sel C4 dan SALES ID yang tertera pada sel C3. Dalam hal ini, semua data yang tanggal jatuh temponya sesuai dengan tanggal pada sel C5 dan sales ID-nya sesuai dengan id pada sel C3, akan ditampilkan. Perbedaan dari ketiga sheet tersebut adalah tekniknya.

    @hima ... penagihan tgl terbaru harus diselesaikan pd tgl paling lama yaitu tgl 15 ...

    Maksudnya, nilai tagihan tanggal jatuh tempo 16/08/2018 dan 17/08/2018 dijumlahkan ke dalam nilai tagihan pada tanggal jatuh tempo yang ditentukan (15/08/2018) tersebut?

    Saya lampirkan saja beberapa bentuk penyelesaian yang mungkin sesuai, dimana:

    — Sheet CETAK-01A: menampilkan seluruh data tagihan yang BELUM LUNAS untuk seluruh SALES, dengan ketentuan TANGGAL JATUH TEMPO harus dimulai dari tanggal yang ditentukan pada sel C4, baru kemudian diikuti tanggal setelahnya (tanggal terbaru).

    — Sheet CETAK-01B: menampilkan seluruh data tagihan yang BELUM LUNAS untuk SALES ID sesuai id pada sel C3, dengan ketentuan TANGGAL JATUH TEMPO sama dengan tanggal yang ditentukan pada sel C5.

    — Sheet CETAK-02A: menampilkan seluruh data tagihan yang BELUM LUNAS untuk seluruh SALES, dengan ketentuan TANGGAL JATUH TEMPO sama dengan tanggal yang ditentukan pada sel C4.

    — Sheet CETAK-03A: menampilkan seluruh data tagihan yang BELUM LUNAS untuk seluruh SALES, dengan ketentuan TANGGAL JATUH TEMPO yang ditampilkan hanya tanggal yang ditentukan pada sel C4, dan nilai tagihan untuk tanggal jatuh tempo terbaru dijumlahkan pada TANGGAL JATUH TEMPO sesuai tanggal yang ditentukan pada sel C4.

    — Sheet CETAK-03B: menampilkan seluruh data tagihan yang BELUM LUNAS SALES ID sesuai id pada sel C3, dengan ketentuan TANGGAL JATUH TEMPO yang ditampilkan hanya tanggal yang ditentukan pada sel C4, dan nilai tagihan untuk tanggal jatuh tempo terbaru dijumlahkan pada TANGGAL JATUH TEMPO sesuai tanggal yang ditentukan pada sel C4.

    Jika ada yang sesuai, maka kolom bantu untuk sheet lainnya dapat dihapus (lihat header pada kolom bantu, untuk sheet CETAK-03A dan CETAK-03B menggunakan satu kolom bantu). Jika masih tidak sesuai, mending berikan contoh hasilnya langsung (isi datanya secara manual).

    Demikian, semoga sesuai.

  5. terima kasih om @Caton , cetak-01A seperti itulah yg saya harapkan, tinggal sy mengujinya pada data yg lebih besar, nanti klo ada error sy kesini lagi, sekali lagi terima kasih, untuk sementara solved pd maslah yg sy hadapi

  6. Caton

    Agu 24 Terverifikasi Indonesia + 12.523 Poin

    @hima ... cetak-01A seperti itulah yg saya harapkan ...

    Syukurlah jika ternyata ada yang sesuai ... :)

    @hima ... nanti klo ada error sy kesini lagi ...

    Silahkan diskusikan kembali, semoga saya bisa membantu.

    @hima ... sekali lagi terima kasih ...

    Sama-sama.

  7. manweljs_

    Agu 24 Terverifikasi + 5.718 Poin
    Di sunting 3 bulan yang lalu oleh manweljs_

    Mungkin begini

    =IF(AND(COUNTIFS($C$8:C8,C8,$F$8:F8,"="&'CETAK-01'!$C$4),I8="Belum"),ROW(A1),"")

  8. om @Caton , maaf sy ganggu lagi waktu liburannya , setelah sy uji coba pada data yg lebih besar , masih ada penampilan data dan total yg tdk valid

  9. manweljs_

    Agu 26 Terverifikasi + 5.718 Poin

    @hima

    Kalo diedit menjadi :

    =IF(AND([@E]<>"",[@E]>='TAGIHAN SALES-01'!$C$4,COUNTIFS([B],[@B],[E],"="&'TAGIHAN SALES-01'!$C$4,[H],"Belum")>=1,[@H]="BELUM"),ROW($A1),"")

    bisa gak?

  10. siiiip om @manweljs_ , sepertinya formula itu, benar ... ok trims sy uji coba lagi ke data2 yg lain ya ..nanti klo masih ada yg kurang valid , boleh sy balik kesini lagi?

  11. malem om @manweljs_ dan om @Caton , formula

    =IF(AND([@E]<>"",[@E]>='TAGIHAN SALES-01'!$C$4,COUNTIFS([B],[@B],[E],"="&'TAGIHAN SALES-01'!$C$4,[H],"Belum")>=1,[@H]="BELUM"),ROW($A1),"")

    sudah cukup bagus tapi ada lagi persoalan ketika ketika tagihan nota ganda yg salah satunya sdh pada bulan selanjutnya ?

  12. manweljs_

    Agu 29 Terverifikasi + 5.718 Poin
    Di sunting 3 bulan yang lalu oleh manweljs_

    @hima

    itu gak salah ngasih tanggalkah? masa tanggalnya balik ke januari lagi. nanti diketawain mas @Caton loh
    :P

  13. heheheha anggap saja bln agustus ke september om

  14. manweljs_

    Agu 29 Terverifikasi + 5.718 Poin

    @hima heheheha anggap saja bln agustus ke september om

    jika demikian saya anggap aja gak ada masalah

    Capture.PNG

  15. lho kok bisa begitu om @manweljs_ , disini kok gak bisa format date apa yg dipakai ?

  16. manweljs_

    Agu 29 Terverifikasi + 5.718 Poin

    @hima

    saya tidak merubah format tanggalnya ataupun formulanya, format tanggal default komputer saya adalah "dd/mm/yyyy". saya hanya melakukan seperti ini :

    Tanggal.gif

  17. Caton

    Agu 29 Terverifikasi Indonesia + 12.523 Poin

    @hima ... disini kok gak bisa format date apa yg dipakai ...

    Mungkin masalahnya ada pada sumber asli datanya. Kalau @hima menginput langsung tanggalnya secara langsung pada kolom E (JATUH TEMPO), maka tipe nilainya sudah pasti numerik sehingga bisa digunakan ke dalam format Date. Mungkin saat menyalin data dari sumber lain (asal data), hasil salinan (copy) data tersebut ditempel (paste) masih dalam tipe teks. Setidaknya, dari ilustrasi mas @manweljs_ di atas, atau yang saya alami, kolom E pada file yang @Hima lampirkan harus dikonversikan dahulu menjadi tipe numerik agar bisa digunakan dalam formula.

    Untuk mengubah teks menjadi numerik, selain cara yang ditunjukkan oleh mas @manweljs_ di atas, bisa juga memanfaatkan fitur Paste Specials seperti berikut:

    Paste Special 21.gif

    Demikian, semoga bermanfaat.

  18. kereeennn upload video dari om @Caton , maff baru buka email, ini sy lagi diberi tugas membuat aplikasi raport k13 dari excel ... nanti dibantu ya ?

  19. 2 bulan yang lalu

    met siang om@Caton dan om@manweljs_ , maaf menggangu hari liburnya, ada lagi yg belum saya pahami, ketika di filter tgl 01/09/2018 , muncul tagihan tgl 04/09/2018 padahal tdk ada tagihan tgl 01/09/2018 dan sepertinya terjadi ditgl 01/09/2018 itu saja, di tgl yg lain tdk ada masalah

  20. manweljs_

    Sep 2 Terverifikasi + 5.718 Poin

    @hima

    kenapa formulanya berubah lagi, hadeuh... cek lagi deh formulanya dengan formula terakhir di diskusi ini

  21. ooo iya om, maaf sy kehilangan bagian yg ini
    [H],"Belum")>=1, trims

 

atau Mendaftar untuk ikut berdiskusi!