mencari no.nota berdasarkan tanggal jatuh tempo

  1. 5 minggu lalu

    permisi kakak saya mau tanya, bagaimana rumusnya ketika B4 diisi tanggal, maka A8: A17 otomatis terisi no.nota yang sdh jatuh tempo berdasarkan tanggal di B4, data nota memanggil disheet sales 01, trims

  2. Caton

    Jul 16 Terverifikasi Indonesia + 10.419 Poin

    @Hima...

    Terlampir contoh penyelesaian dari yang @Hima tanyakan di atas. Pada file terlampir, sheet CETAK-01 dan sheet CETAK-01 merupakan contoh penyelesaian dengan memanfaatkan kolom bantuan indeks baris data yang sesuai kriteria tanggal yang dicari. Bedanya:

    — Pada sheet CETAK-01, kolom bantuan disusun langsung pada tabel data pada sheet SALES-01, dengan formula yang cukup sederhana dan mudah dipahami (baik formula pada sheet CETAK-01 maupun formula pada sheet SALES-01).

    — Pada sheet CETAK-02, kolom bantuan disusun sejajar dengan tabel tagihan. Formula pada sheet CETAK-02 ini tidak memanfaatkan kolom bantuan pada sheet SALES-01. Sehingga, jika akan menggunakan contoh pada sheet CETAK-02, kolom INDEX BANTU pada sheet SALES-01 dapat dihapus karena tidak digunakan. Pada contoh ini, ada dua macam fungsi utama yang dapat digunakan, AGGREGATE dan SUMPRODUCT. Formula inti dari keduanya sama, hanya saja jika dengan fungsi SUMPRODUCT harus menggunakan fungsi SMALL untuk mengambil indeks baris berurutan mulai dari indeks terkecil.

    Sedangkan pada sheet CETAK-03, merupakan contoh jika tanpa menggunakan kolom bantuan. Formulanya bisa menggunakan fungsi AGGREGATE atau fungsi SUMPRODUCT seperti pada contoh kolom bantuan pada sheet CETAK-02.

    Pada file terlampir, sengaja saya gunakan Table Object agar @Hima mulai terbiasa menggunakan objek tersebut untuk menyusun sumber data.

    Demikian, semoga sesuai dan semoga bermanfaat.

  3. terima kasih kakak, luar biasa penyelesaiannya inyaallha bermanfaat ilmunya

  4. aduh maaf ternyata pertanyaan saya kurang lengkap, yg seharusnya ditampilkan di sheet cetak adalah jatuh tempo yg belum lunas, gmn revisi rumusnya ya

  5. Caton

    Jul 16 Terverifikasi Indonesia + 10.419 Poin
    Di sunting 5 minggu lalu oleh Caton

    @Hima ...

    ... yg seharusnya ditampilkan di sheet cetak adalah jatuh tempo yg belum lunas ...

    Maksudnya bagaimana? Bukankah pada contoh yang saya berikan (misalkan pada sheet CETAK-01) data yang ditampilkan adalah data dari sheet SALES-01 yang tanggal jatuh temponya sebelum tanggal cetak tagihan (sel C4 sheet CETAK-01). Pada sheet CETAK-01, semisal tanggal yang diinput adalah 16/07/2018, maka formula kolom INDEX BANTU (kolom J) pada sheet SALES-01 hanya akan menampilkan indeks baris untuk setiap baris data dimana tanggal pada kolom JATUH TEMPO < dari tanggal cetak tagihan dan kolom STATUS = BELUM. Coba lihat pada kolom INDEX BANTU pada sheet SALES-01. Yang memiliki nilai indeks baris data yang sesuai adalah:

    0055
    0059
    0060
    0064

    karena baris-baris tersebut tanggal jatuh temponya adalah 15/07/2018 dengan status BELUM. Jika ingin kriterianya menjadi tanggal pada kolom JATUH TEMPO <= dari tanggal cetak tagihan, cukup tambahkan tanda sama dengan (=) pada formula kolom INDEX BANTU, yakni formula sebelumnya berupa:

    =IF(AND([@E]<>"";[@E]<'CETAK-01'!$C$4;[@H]="BELUM");ROW(A1);"")

    diubah (tambahkan tanda sama dengan) menjadi:

    =IF(AND([@E]<>"";[@E]<='CETAK-01'!$C$4;[@H]="BELUM");ROW(A1);"")

    Jika maksudnya adalah tanggal jatuh tempo yang sama dengan tanggal cetak tagihan, tinggal diubah tanda lebih besar (>) menjadi tanda sama dengan (=), seperti berikut:

    =IF(AND([@E]<>"";[@E]='CETAK-01'!$C$4;[@H]="BELUM");ROW(A1);"")

    Untuk formula pada sheet CETAK-02 dan sheet CETAK-03, revisinya kurang lebih sama, yakni pada tanda kondisional tersebut di atas, misalkan untuk formula pada sel J9 sheet CETAK-02:

    ... *(Tabel.Sales01[E]<$C$4) ... +(Tabel.Sales01[E]>=$C$4) ...

    menjadi:

    ... *(Tabel.Sales01[E]<=$C$4) ... +(Tabel.Sales01[E]>$C$4) ...

    Mungkin demikian yang dimaksud.

    Coba diperiksa kembali. Kalau memang tidak sesuai, coba berikan contoh data dan hasil yang diinginkan yang berbeda dengan yang telah dilampirkan sebelumnya. Karena dalam menyusun formula tersebut saya mengacu kepada contoh hasil pada file yang @Hima lampirkan pertama di atas .... :)

  6. 3 minggu lalu

    Mohon ijin ikutan menjawab..
    Barangkali jawaban saya agak terlalu banyak kolom bantuan, namun semoga membantu.
    Terima kasih.

    Note :

    • kolom bantuan saya beri warna biru
    • saya gunakan sheet yang sudah ada, hanya saya tambahi kolom bantuan.
 

atau Mendaftar untuk ikut berdiskusi!