Perbedaan Script VBA

  1. 6 bulan yang lalu

    Assalamu'alaikum Para master, saya ingin bertanya tentang script VBA, terkadang pada sebuah file ada script vba yang secara otomatis berjalan, dan kadang ada yang perlu dipanggil melauli tombol, atau kriteria tertentu.. sebenarnya apakah perbedaannya.. atau punya link buat belajar boleh dishare.. mohon bantuannya.. terimakasih sebelumnya...

  2. Caton

    Jun 22 Terverifikasi Indonesia + 13.255 Poin
    Di sunting 6 bulan yang lalu oleh Caton

    Wa'alaikumsalam Mas @fredi ...

    Pada prinsipnya, jika sebuah file (Workbook) mengandung macro dibuka, Excel akan memeriksa apakah Security Option aktif (Enabled), baru kemudian Excel memeriksa apakah ada prosedur yang masuk ke dalam Autorun Script untuk dieksekusi. Jika ada script VBA yang dimasukkan pada prosedur seperti Workbook_Open (pada objek ThisWorkbook) atau prosedur Auto_Open (pada objek Standard Module), maka Excel akan menganggap script-script tersebut sebagai bagian dari Autorun Script.

    Selain Autorun Script, ada juga prosedur yang script di dalamnya akan dieksekusi jika ada kejadian (Events) tertentu terjadi, misalkan prosedur Worksheet_Change, Worksheet_BeforeDoubleClick dan sebagainya. Jika ada satu baris script saja dalam Event Procedures tersebut, maka Excel akan mengeksekusi baris script tersebut apabila kejadian (Event) terkait terjadi. Contohnya:

    Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
        MsgBox "Anda melakukan perubahan pada Sheet!"
    End Sub

    Perlu dipahami bahwa Excel memiliki prosedur sendiri untuk memproses kejadian-kejadian tersebut. Namun, ada beberapa prosedur yang oleh Excel diberikan kebebasan kepada programmer VBA untuk menyusun prosedurnya sendiri (semacam Overriding Procedure). Intinya, sebelum memproses prosedur bawaan, Excel akan memeriksa apakah Event Procedure terkait sudah didefinisikan melalui script pengguna. Jika sudah, script yang disusun pengguna akan dieksekusi terlebih dahulu.

    Ada kalanya kita membutuhkan sebuah prosedur perintah yang akan mengerjakan proses tertentu (menggunakan SUB) atau mengembalikan nilai tertentu (menggunakan FUNCTION) yang bukan berdasarkan sebuah kejadian. Dalam hal ini, kita bisa membuat prosedur sendiri (dikenal sebagai User Defined Procedure atau User Defined Function). Dalam VBA, objek kontrol seperti Button dipisahkan menjadi 2, yaitu Form Object dan ActiveX object. Misalkan Button Object, untuk Form Object, kendali dari kejadian saat Button diklik harus disusun terlebih dahulu baru kemudian ditetapkan (Assigned) ke prosedur yang sudah dibuat. Sedangkan pada ActiveX Object, Button Object sudah memiliki Event Procedures sendiri yang tersedia dan dapat diakses pada Host Object (Worksheet Module atau UserForm Module).

    Demikian yang bisa saya jelaskan secara singkat. Untuk tautan dan contoh eBook, silahkan baca kembali pada diskusi berikut. Semoga bermanfaat.

  3. manweljs_

    Jun 22 Terverifikasi + 6.199 Poin

    mas @Caton

    cutinya sudah selesai kah :D

    also Minal Aidin wal Faizin for all

  4. Caton

    Jun 22 Terverifikasi Indonesia + 13.255 Poin

    @manweljs_ mas @Caton ... cutinya sudah selesai kah :D ... also Minal Aidin wal Faizin for all

    Cuti puasa sudah... tapi masih Cuti Mode On.... haha... :D Minal 'Aidin wal Faizin juga untuk Anda... ;)

 

atau Mendaftar untuk ikut berdiskusi!