Get Data from Web

  1. 7 bulan yang lalu

    Hi,

    Saya ingin menggunakan fitur Get Data from Web, dengan http://referensi.data.kemdikbud.go.id/index11.php?kode=016006&level=3 sebagai target url nya.
    Yang menjadi masalah, html script web tersebut dibuat untuk menampilkan maksimal 50 entries saja. Dan saya perhatikan tidak ada parameter tambahan yang muncul di url saat saya mengakses 50 entries pertama, kedua, dan selanjutnya.
    Apakah ada trik khusus saat saya menggunakan fitur Get Data from Web apabila ingin menarik seluruh entries yang ada dan menampilkannya di Excel?

    Terima kasih,

  2. Caton

    28 Apr 2018 Terverifikasi Indonesia + 12.376 Poin

    @Kris...

    Halaman web yang Anda rujuk pada dasarnya dapat digunakan dengan fitur Get Data From Web. Adapun tampilan datanya hanya menampilkan 50 item saja, abaikan saja, karena pada dasarnya seluruh item data sudah ada pada halaman web tersebut, namun hanya disembunyikan saja. Jadi, fitur Get Data From Web akan mengambil seluruh bagian pada tabel data tersebut. Atau, jika ingin lebih nyaman, ubah dahulu menjadi ALL sebelum melakukan proses Import.

    Web-Data.png

    Coba saja lakukan sebagaimana yang saya sampikan di atas. Sudah saya coba dan berhasil. Sedikit catatan, fitur Get Data From Web biasanya akan gagal jika halaman web yang dituju menggunakan proses data dinamis yang akan mengambil data yang akan ditampilkan secara langsung (live data), misalkan melalui JSON.

    Demikian.

  3. Di sunting 7 bulan yang lalu oleh kris

    @Caton

    Ya, saya juga sudah mencoba sebelumnya, memang berhasil mengambil data tapi tetap hanya 50 item saja yang bisa ditampilkan di Excel meskipun di web sudah saya pilih ALL.
    Mungkin ada langkah yang terlewat?

    Terima kasih,

  4. Caton

    28 Apr 2018 Terverifikasi Indonesia + 12.376 Poin
    Di sunting 7 bulan yang lalu oleh Caton

    @Kris...

    Anda pake PowerQuery? Yang saya maksudkan adalah dengan menggunakan fitur Data From Web standar dari Excel (di Excel 2016, ada di ribbon Data » Get External Data » From Web), bukan melalui Power Query (di Excel 2016 masuk ke ribbon Data » Get & Transform » New Query » From Other Sources » From Web). Menunya:

    Shoot084.png

    Atau lebih mudah lagi pake Google Chrome trus instal ekstensi Table Capture . Setelah terinstal, masuk ke halaman web target, lalu tampilkan seluruh datanya dahulu. Kalau ada tabel terdeteksi, otomatis ekstensi tersebut akan menampilkan indikator. Tinggal klik, pilih tabel yang diinginkan (yang paling banyak barisnya), dan salin ke Clipboard. Di Excel tinggal di paste...

    Demikian.

  5. Saya menggunakan Office 365, dan sepertinya Power Query memang sudah built in di Excel versi ini.
    Capture_Ribbon.JPG

    Barusan saya coba Table Capture , lebih mudah.. :)

    Terima kasih untuk sarannya.

 

atau Mendaftar untuk ikut berdiskusi!