MEMISAHKAN DATA GANDA DENGAN PARAMETER YANG BERBEDA

  1. 4 bulan yang lalu

    salam kenal bagi para master dan newbie excel. semoga dengan forum ini dapat membawa manfaat bagi saya khusus nya dan bagi semua anggota grup pada umum nya.

    saya adalah operator pada Panitia pemilihan Kecamatan Sukawening, ada sedikit masalah yang membuat saya harus kerja manual terkait data ganda yang terdeteksi pada NIK daftar pemilih. dan data ganda tersebut ada dua kategori :

    1. data ganda yang ada dalam satu Kecamatan yaitu Kecamatan Sukawening (ganda antar desa)
    2. data ganda dengan antar Kecamatan dalam satu kabupaten.

    semua data tersebut ada dalam satu sheet excel dengan jumlah lebih dari 70 ribu data ganda se kabupaten. dan untuk Kecamatan sukawening sendiri yang terdeteksi ganda ada 1300 an.
    pertanyaan nya :
    bagaimana cara memisahkan dan memilih data ganda memakai rumus excel, dengan beberapa kriteria penyaringan.

    1. data ganda antar desa :
    data ganda pada desa A dengan desa B dapat di pisahkan menjadi beberapa sheet atau file tersendiri ( sheet 1 hanya untuk Data ganda Desa A dengan desa B, sheet 2 desa A dengan Desa C, sheet 3 desa C dengan desa F dan begitu seterus nya)

    2. data ganda antar Kecamatan :
    memisahkan data ganda pada Kecamatan Sukawening dengan kecamatan yang lain sehingga menjadi beberapa Sheet atau file sendiri ( sheet 1 hanya data ganda yang ada di Kec. Sukawening dengan Kec. A, sheet 2 Sukawening dengan Kec. B, sheet 3 Sukawening dengan Kec. C dan begitu seterus nya)
    berikut saya lampirkan file daftar kegandaan nya.

    terima kasih sebelum nya saya ucapkan. somega dapat membantu meringankan beban pekerjaan saya.

  2. manweljs_

    Apr 17 Terverifikasi + 3.911 Poin

    @atawa_uya

    filenya gak ada ;)

  3. oh file nya ga ada ya, mungkin td lupa.
    ini saya lampirkan kembali file nya.

  4. manweljs_

    Apr 17 Terverifikasi + 3.911 Poin

    @atawa_uya

    yang mau dipisahkan file ganda aja kah? atau mau dipisahkan perdesa / perkecamatan ?

  5. Caton

    Apr 17 Terverifikasi Indonesia + 10.447 Poin

    @atawa_uya ...

    Jika memungkinkan, saran saya gunakan PowerQuery. Jika Excel yang Anda gunakan versi 2016, fitur ini sudah tersedia. Sedangkan untuk Excel versi 2010 dan 2013, PowerQuery masih berupa Add-In yang harus diinstal terlebih dahulu (untuk PowerQuery Excel 2010 , minimal Anda harus menginstal Excel 2010 Service Pack 2 32bit atau 64bit ). PowerQuery tidak mendukung Excel 2007 atau versi sebelumnya.

    Mungkin pada awalnya akan sedikit kesulitan memahami PQ, akan tetapi pada dasarnya PQ mirip dengan Microsoft Query yang sudah ada pada Microsoft Office. Saya sendiri tidak begitu lancar menggunakan PQ, namun karena banyak bacaan mengenai PQ di internet, jadi bisa dijadikan rujukan. Untuk mengambil hasil berupa data duplikat, hanya dibutuhkan beberapa tahap yang tidak terlalu rumit.

    Mengapa PowerQuery? Pengalaman saya ketikan membantu salah seorang rekan di forum ini, dengan data yang akan diproses mencapai 500 ribu data, menyusun formulanya tidak sulit, namun menunggu hasilnya bisa sangat lama sekali. Bahkan untuk memproses data yang Anda lampirkan, hanya dengan fungsi COUNTIF saja, Excel 2010 yang saya gunakan sudah crash 2 kali... :D

    Saya lampirkan contoh hasil PQ yang saya coba, namun hasil akhirnya saja (karena tabel pada file terlampir sebelumnya menggunakan file yang Anda lampirkan sebagai database eksternal).

    Demikian.

  6. @Caton terima kasih atas masukan nya. saya akan coba apa yang di sebut PQ.
    @manweljs saya berniat ingin memisahkan data perdesa dan perkecamatan yang NIK nya ganda dengan Kecamatan Sukawening saja.

    sebenarnya beberapa sudah saya coba pisahkan, akan tetapi saya kerja semi manual. jadi cukup memakan waktu. tapi saran dari @Caton bisa saya coba. karena juur saja saya baru kenal sama itu yang nama nya PQ.

  7. manweljs_

    Apr 17 Terverifikasi + 3.911 Poin
    Di sunting 4 bulan yang lalu oleh manweljs_

    mas @Caton

    izin nambahin yak ;)

    @atawa_uya

    pada file terlampir saya menggunakan macro untuk mencari nilai duplicate. kriteria pencarian saya buat dinamis berdasarkan pada list kecamatan acuan, sehingga bisa digunakan untuk kecamatan lainnya.

    tambahan: saya belum periksa apakah macronya berjalan dengan benar :D, mungkin mas @Caton atau @Masdad bisa bantu cek sekaligus merapikannya ;)

    jika ada kendala, silahkan ditanyakan lagi (pada orang lain) :D :D

    cheers!

  8. manweljs_

    Apr 18 Terverifikasi + 3.911 Poin
    Di sunting 4 bulan yang lalu oleh manweljs_

    -- edited --

  9. manweljs_

    Apr 19 Terverifikasi + 3.911 Poin

    @atawa_uya

    terlampir solusi lainnya dari mas @Caton untuk mencari duplikat per kecamatan atau dengan kecamatan lainnya, saya hanya membuat Interfacenya saja ;)

    untuk per desa ditunggu saja kalau saya lagi gak sibuk :D

  10. 4 minggu lalu

    Persis Kasusnya kaya saya PPK harus ikut andil pengolahan datanya ditingkat kecamatan.....semangat @atawa_uya nanti bisa sharing pengolahan data.....

 

atau Mendaftar untuk ikut berdiskusi!