1. 7 bulan yang lalu

    apakah bisa menggunakan INDIRECT beda file. mohon pencerahan.

  2. Caton

    5 Apr 2018 Terverifikasi Indonesia + 12.014 Poin

    @NOBO ...

    Fungsi INDIRECT dapat digunakan antar Workbook dengan syarat Workbook target harus dalam keadaan terbuka, jika tidak hasilnya akan berupa kesalahan (biasanya #REF!) ketika terjadi proses kalkulasi pada Worksheet dimana fungsi tersebut digunakan.

    Demikian.

  3. adakah cara agar tidak #REF!, ketika kita tutup Ws nya.
    mohon pencerahan.
    trim

  4. Caton

    6 Apr 2018 Terverifikasi Indonesia + 12.014 Poin

    @NOBO ...

    Secara langsung mungkin tidak ada pengganti fungsi INDIRECT. Jadi tergantung kasusnya, bagaimana fungsi INDIRECT dimanfaatkan/digunakan. Biasanya, saya menggunakan definisi nama range yang merujuk ke nama range yang sama pada Workbook berbeda.

    Misalkan saja, filenya TES1 dan TES2. Dimana file TES2 akan merujuk ke file TES1 pada Sheet1 range A1:D100. Dalam hal ini, range A1:D100 pada Sheet1 file TES1 tersebut saya buatkan nama range, misalkan Contoh.Rujukan. Kemudian, pada file TES2, saya buat definisi nama range yang sama, yakni Contoh.Rujukan namun merujuk ke nama range pada file TES1. Jadi pada kolom Refers To akan berisi lebih kurang seperti ='TES1.xlsx'!Contoh.Rujukan. Nilai rujukan tersebut otomatis akan berubah saat file TES1 ditutup. Pada file TES2, kita dapat menggunakan nama range Contoh.Rujukan sebagai rujukan ke file TES1 meskipun file TES1 sudah ditutup.

    Mungkin demikian solusi yang dapat dilakukan, namun tentunya sesuai kebutuhan dari bagaimana fungsi INDIRECT tersebut akan digunakan.

    Demikian.

 

atau Mendaftar untuk ikut berdiskusi!