menghubungkan toggle button ke userform

  1. 10 bulan yang lalu

    Hallo para master, mohon bantuannya
    saya masih newbie dalam pembuatan aplikasi di excell
    saya mau bertanya nih:

    bagaimana rumus vba nya menghubungkan toggle button ke user form lainnya? Supaya ketika diklik toggle button tersebut muncul userform yang dituju.

    mohon bantuannya
    terima kasih

  2. Caton

    4 Mar 2018 Terverifikasi Indonesia + 13.271 Poin

    @deniwildan ...

    Pada dasarnya, sebuah UserForm dapat ditampilkan dengan mengeksekusi metode Show dari UserForm yang akan ditampilkan. Sintaksnya UserForm.Show [Modal]. Jadi, bila sebuah UserForm Object diberi nama PPM, untuk menampilkan objek UserForm tersebut dapat digunakan sintasks PPM.Show.

    Sintaks UserForm.Show pada dasarnya akan menampilkan sebuah UserForm dalam keadaan Modal. Sintaks tersebut sama saja dengan menulis Sintaks UserForm.Show vbModal. Dalam keadaan Modal, seluruh eksekusi lainnya akan ditunda sampai saat UserForm yang ditampilkan tersebut diterminasi (unloaded). Gambarannya:

    ...
    varA = 10
    UserForm1.Show vbModal
    varB = varA * 5
    ...

    Pada contoh di atas, baris varB = varA * 5 belum akan dieksekusi sebelum UserForm1 diterminasi. Sebaliknya, saat sebuah UserForm ditampilkan dengan argumen vbModeless (misalnya UserForm1.Show vbModeless, maka setelah UserForm1 ditampilkan, baris varB = varA * 5 akan langsung dieksekusi sementara UserForm1 tetap ditampilkan.

    Mengenai pertanyaan:

    ... bagaimana rumus vba nya menghubungkan toggle button ke user form lainnya? Supaya ketika diklik toggle button tersebut muncul userform yang dituju...

    Seperti penjelasan saya di atas, pada Event Procedure dari Toggle Button tersebut, susun script untuk menampilkan UserForm yang diinginkan. Misalkan:

    Private Sub ToggleButton1_Click()
        UserForm2.Show
    End Sub

    atau

    Private Sub ToggleButton1_Click()
        If ToggleButton1 = True Then
            UserForm2.Show
            ToggleButton1 = False
        End If
    End Sub

    Hanya saja, mengapa harus menggunakan Toggle Button, bukan menggunakan Command Button saja. Toggle Button lebih cocok digunakan untuk menampilkan kondisi 0/1, YES/NO, ON/OFF dan sebagainya. Kontrol Toggle Button serupa dengan kontrol Check Box, hanya saja dalam bentuk tombol...

    Apabila tujuan penggunaan kontrol Toggle Button tersebut ingin menampilkan sebuah UserForm, sementara UserForm yang memanggilnya masih dapat diakses (misalkan seperti Toolbox Window pada jendela VBE, atau konsep Parent & Child Form), maka kedua UserForm harus ditampilkan dengan argumen vbModeless.

    Demikian yang dapat saya jelaskan. Semoga bermanfaat.

 

atau Mendaftar untuk ikut berdiskusi!