Format tanggal

  1. 5 bulan yang lalu

    Halo para master
    Saya mendownload data dari website dan ingin mengolahnya kedalam bentuk excel.
    Namun ada beberapa data yang error sehingga tidak bisa di olah datanya di excel.
    Di Colom H dan I (mark kuning) ada format data yang tidak sesuai. Formatnya dd/mm/yyyy hh:mm namun di coloum U dan V (mark kuning terbaca bulan maret yang harusnya januari , formatnya berubah menjadi mm/dd/yyyy hh:mm
    Bagaimana cara menyamakan format columb H dan I sehingga bisa terbaca dd/mm/yyyy hh:mm tanpa mengubah secara satu persatu . Saya sudah samakan di format cell masih juga error .
    Atau ada cara khusus copy dan paste dari website ke excel tanpa mengubah format tanggalnya..?
    Mohon pencerahannya .Terlampir screen shoot website dan data excelnya.

  2. Caton

    Peb 17 Terverifikasi Indonesia + 9.203 Poin

    Tidak ada lampiran contoh data yang dimaksud, mas @Irfan_pals? Screen shootnya juga tidak terlihat. Atau coba mas @Irfan_pals lihat contoh file pada diskusi berikut, pada sheet DUMP. Prosesnya manual dengan proses konversi menggunakan formula. Demikian... ;)

  3. Di sunting 5 bulan yang lalu oleh Irfan_pals

    Terlampir contoh datanya .

  4. Caton

    Peb 17 Terverifikasi Indonesia + 9.203 Poin

    Biasanya, jika format tanggal yang akan disalin dari web site sudah dalam format DD/MM/YYYY, maka dapat disalin dengan baik jika pengaturan Regional Setting pada PC yang digunakan juga menggunakan format yang sama (misalkan Indonesia). Masalah kerap terjadi saat data yang diambil dari web site tersebut memiliki format berbeda dengan pengaturan Regional Setting pada PC. Saya sendiri belum mengetahui cara yang tepat dan paling nyaman dalam menyalin data (khususnya format tanggal) dari web ke dalam format yang tepat. Biasanya, saya menggunakan cara manual dengan membuat Dummy Sheet untuk mengkonversi format tanggal tersebut (seperti file terlampir), ataupun menggunakan macro. Mungkin ada rekan-rekan yang punya cara yang lebih efektif dan bisa berbagi caranya di sini?

    Pada sheet DUMP dari file terlampir, salin hasil konversi dari kolom B (START) atau kolom E (END) kemudian tempelkan sebagai nilai (Paste As Values, bisa menggunakan sub menu Paste grup Clipboard pada Home Ribbon, atau tampilkan jendela Paste Specials dengan menekan kombinasi tombol CONTROL+ALT+V).

    Demikian yang saya ketahui. Semoga bermanfaat... ;)

  5. Terima kasih mas caton saya coba pelajari dulu

 

atau Mendaftar untuk ikut berdiskusi!