Filter di Excel

  1. 4 bulan yang lalu
    Di sunting 4 bulan yang lalu oleh Inang

    Mohon bantuannya.
    Jadi saya punya data seperti pada gambar 2, dan saya sudah membuatnya jadi tabel, kemudian saya mau membuat duplikat tanggal tanpa ada waktunya di kolom yang baru seperti di gambar 1, sedangkan di kolom tanggal yang ada waktunya itu ada 2 tanggal, maka saya memakai filter agar bisa mengisi 2 tanggal tersebut di dalam kolom tanggal yang baru tanpa harus menscroll atau memilih-memilih, yah kalau di bilang agar bisa lebih otomatis memilih salah satu dari tanggal yang saya maksudkan.
    Namun, saat saya menggunakan filter ternyata tanggalnya berderet dengan waktunya juga, padahal biasanya ada data-data sebelum itu yang tanggalnya tidak berderet bersama dengan waktu.
    Bagaimana caranya untuk membuat filter yang ada di kolom tanggal yang memiliki waktu itu bisa berderet tanpa harus ada waktunya.
    Misalnya, tanggal 14 dan 15, hanya muncul 2 angka itu tanpa ada 14 02 2018 14:00:05, seperti itu. Mohon Bantuannya. Terima Kasih.

  2. Caton

    Peb 17 Terverifikasi + 9.023 Poin

    @Inang tidak punya contoh datanya? Okelah, dalam hal ini saya hanya bisa menduga saja kemungkinannya. Data pada kolom TGL tersebut sepertinya masih tersimpan dalam format teks, sehingga Excel menampilkan nilainya sebagai teks, bukan sebagai numerik (tipe nilai Tanggal dan Jam dalam Excel tersimpan sebagai Numerik/Angka). Gambarannya:

    Convert Range.gif

    Cara di atas mungkin saja tidak selalu menghasilkan nilai yang sesuai, namun demikian yang biasanya saya lakukan untuk mengubah range nilai yang tersimpan dalam format teks menjadi angka. Terkadang saya juga menggunakan formula (contohnya pada diskusi di sini). Atau membagi nilai tanggal dan nilai jam dengan cara mengkonversikan ke dalam bentuk teks lalu mengalikannya dengan notasi *1, dan sebagainya. Terlampir contoh Number Stored As Text yang bisa digunakan sebagai latihan... :)

    Demikian yang saya ketahui... ;)

  3. Terima kasih atas bantuannya. Saya sudah mencoba, yang anda sarankan tapi tidak bisa diubah. Saya juga mengujungi diskusi yang anda maksudkan di atas tapi saya agak bingung tentang hasil konversi yang harus di salin. Mohon bantuannya.

  4. Caton

    Peb 19 Terverifikasi + 9.023 Poin

    Sejauh ini hanya itu yang saya ketahui, karena umumnya demikian yang terjadi. Sayangnya Anda tidak memberikan contoh file yang dimaksud sehingga sulit menentukan masalahnya dimana. Jika memungkinkan, silahkan lampirkan contoh file yang dimaksud (bisa melalui PM, caranya seperti yang saya jelaskan pada diskusi di sini). Jika tidak, mungkin @Inang bisa mencoba cara berikut:

    [1]. Sisipkan (Insert) kolom antara kolom D (TGL) dan kolom E (PRODUK).
    [2]. Pada kolom baru hasil penyisipan tersebut, pada baris ke-2 (sel E2), masukkan formula:

    =TEXT(D2;"dd/mm/yyyy hh:mm:ss")*1

    Catatan: jika Anda menggunakan Regional Setting US/UK, sesuaikan tanda pemisah argumen dari tanda titik koma menjadi tanda koma saja.

    [3]. Seleksi seluruh baris data pada kolom baru tersebut (kolom E), dari baris ke-2 sampai dengan baris akhir data. Kemudian salin (CONTROL C) dan tempel sebagai nilai (CONTROL ALT V, pilih Values lalu tekan tombol OK).

    [4]. Periksa apakah nilai-nilai pada kolom E tersebut sudah sesuai. Jika sudah, hapus kolom D.

    Demikian yang bisa saya bantu. Jika langkah tersebut di atas masih tidak berhasil, saran saya, lampirkan file yang Anda kerjakan. Demikian, semoga bermanfaat... ;)

  5. iya, thanks saya akan mencobanya..^^

 

atau Mendaftar untuk ikut berdiskusi!