Mencocokkan data bulanan

  1. 9 bulan yang lalu

    Selamat malam pak. Salam kenal saya anna. Saya dapat tugas dari kantor. Selama bulan januari ada bebebapa oulet yg melakukan transaksi /membeli di perusahaan kami. Atasan saya menanyakan Bagaimana cara mengetahui outlet yg belum bertransaksi di bulan februari ini dgn melihat data di bulan januari. Menggunakan rumua apa ya pak? Mohon bantuannya... Terimakasih sebelumnya

  2. Caton

    11 Peb 2018 Terverifikasi Indonesia + 12.523 Poin

    Jika memungkinkan, sebaiknya ada contoh data yang mbak @annahafidah lampirkan. Bukan masalah apa formula yang bisa digunakan, namun bagaimana data akan diambil dan dikalkulasikan. Formulanya bisa bermacam-macam, misalnya bisa saja menggunakan fungsi COUNTIF, LOOKUP, VLOOKUP, INDEX atau SUMPRODUCT.

    Mungkin, untuk langkah pertama, bisa dimulai dengan mengumpulkan data daftar Outlet yang bertransaksi dengan perusahaan dimana mbak bekerja (baik di bulan Januari maupun di bulan Februari) pada sebuah worksheet. Anggap saja worksheet tersebut sebagai Ringkasan Transaksi, dan misalkan bentuk tabelnya (secara sederhana) terlihat seperti berikut:

    Summary.png

    Pada gambar di atas, kolom Jumlah pada tabel 2 dapat dikalkulasi menggunakan fungsi COUNTIFS, sedangkan kolom Nilai dapat dikalkulasi menggunakan fungsi SUMIFS. Kedua fungsi dapat juga diganti dengan menggunakan fungsi SUMPRODUCT.

    Sekali lagi, sulit menentukan formula yang tepat yang dapat digunakan tanpa mengetahui bentuk tabel data transaksi yang digunakan. Jika contoh data tidak bisa diekspose, mbak bisa melampirkannya melalui Private Message. Kalau tidak, mungkin mbak @annahafidah bisa mencoba saran saya di atas. Demikian... ;)

  3. terimakasih pak info nya.. ya pak saya akan kirim contoh datanya, alamat email nya pa?

  4. Caton

    12 Peb 2018 Terverifikasi Indonesia + 12.523 Poin

    Mbak @annahafidah ... Silahkan lampirkan datanya melalui PM saja, caranya buat diskusi baru kemudian klik tombol Ubah (Change) di bawah kolom judul diskusi:

    Shoot051.png

    Lalu ketik nama anggota yang akan mbak ajak diskusi tertutup. Untuk melampirkan file, silahkan klik tombol Upload Files, pilih satu atau beberapa file dan tunggu sampai proses unggah selesai. Setelah selesai, klik tombol Komentari. Segarkan halaman (Refresh/F5) untuk memastikan file sudah terlampirkan.

    Demikian... ;)

  5. 8 bulan yang lalu

    wah ini kelanjutan masalahnya mana...
    saya juga pingin tau formulanya....hehe

  6. Caton

    6 Mar 2018 Terverifikasi Indonesia + 12.523 Poin

    @m.nur ...

    Mungkin mbak @annahafidah sudah menemukan solusinya, jadi gak melanjutkan lagi.... :D Btw, formulanya bisa dicoba dengan fungsi SUMIF atau fungsi SUMIFS, fungsi COUNTIF atau fungsi COUNTIFS atau menggunakan fungsi SUMPRODUCT. Tergantung target yang ingin di dapat dan kriteria apa saja yang harus terpenuhi... ;)

 

atau Mendaftar untuk ikut berdiskusi!