Rekap absen siswa

  1. 5 bulan yang lalu

    Mohon bantuanya master mister semua, saya membuat absen siswa semua kelas di sheet 1, dan saya mau rekap per kelas dan di sheet 2. Mohon sarannya sperti apa format dan rumus yang benar. Mohon masukannya fileny saya lampirkan dibawah.. trims
    Master @Caton kalo sedang ada waktu boleh pak. Thks pak

  2. Caton

    Peb 9 Terverifikasi Indonesia + 9.203 Poin

    Panggil nama saja, gak usah pake master... ;) Terlampir contoh solusinya pak @MuhYusuf. Untuk memudahkan proses, saya menggunakan definisi nama range untuk blok keterangan ISA (Izin Sakit Absen) dari setiap bulan, dengan ketentuan prefiks definisi nama adalah DAS.ISA. diikuti urutan bulan dalam format angka 00. Contohnya DAS.ISA.01 untuk bulan Januari dan demikian seterusnya. Range sesuai definisi nama tersebut nanti akan disinkronkan saat dilakukan pergantian pilihan bulan pada sheet Rekap Absen...

    Silahkan dipelajari kembali dan dimodifikasi sesuai kebutuhan. Demikian, semoga sesuai... ;)

  3. Baik pak trims banyak.

  4. Mohon pencerahannya pak @Caton, saya mau buat grafik absensi per bulan dari data absensi siswa kemarin, tapi logic nya belum dapet pak, mohon dibantu pak kalo sedang longgar, trimkash bantuannya, saya lampirkan filenya pak..

  5. Caton

    Peb 10 Terverifikasi Indonesia + 9.203 Poin
    Di sunting 5 bulan yang lalu oleh Caton

    Gunakan fungsi SUMIF saja pak @MuhYusuf, pada dasarnya formula yang digunakan hampir sama untuk setiap kolom keterangan. Untuk sheet GRAFIK ABSENSI, pada kolom C (IZIN), gunakan formula berikut (buat atau tempelkan formula berikut pada sel C7):

    =SUMIF(DAS.ROMBEL;$B7;INDEX(INDIRECT("DAS.ISA."&TEXT(MATCH($C$3;DATA.BULAN;0);"00"));0;1))

    Kemudian untuk kolom D (SAKIT), formula untuk sel D7:

    =SUMIF(DAS.ROMBEL;$B7;INDEX(INDIRECT("DAS.ISA."&TEXT(MATCH($C$3;DATA.BULAN;0);"00"));0;2))

    Dan untuk kolom E (ABSEN/ALPHA), formula untuk sel E7:

    =SUMIF(DAS.ROMBEL;$B7;INDEX(INDIRECT("DAS.ISA."&TEXT(MATCH($C$3;DATA.BULAN;0);"00"));0;3))

    Catatan: pastikan tanda pemisah (separator) antar argumen yang digunakan sudah sesuai dengan pengaturan komputer pak @MuhYusuf. Pada komputer dengan Regional Setting Indonesia, tanda pemisah biasanya menggunakan tanda titik koma. Selain itu biasanya menggunakan tanda koma...

    Seperti terlihat, yang membedakan hanyalah pada indeks kolom dari fungsi INDEX yang digunakan (lihat nomor indeks kolom pada akhir formula). Salin setiap formula pada masing-masing kolom ke baris dibawahnya. Demikian, selamat mencoba. Silahkan diskusikan jika mengalami kendala... ;)

  6. Terimakasih banyak ilmu nya pak @Caton , sudah terbantu..

  7. Caton

    Peb 10 Terverifikasi Indonesia + 9.203 Poin

    Sama-sama pak @MuhYusuf ... ;)

  8. Gan minta tolong rumus absensi kalau masuk jam 7.55 tepat kalau lebih jam nya itu tidak dikasih uang makan..sebesar 20 rb...tlg pencerahaanya gan. Data diambil dari fingerspot.

  9. Caton

    Peb 24 Terverifikasi Indonesia + 9.203 Poin

    @Kurnia...

    Sebaiknya buat diskusi baru saja dengan lampiran contoh data dari fingerspot serta contoh tabel absensi yang akan dibuat. Atau setidaknya, untuk pertanyaan di atas, sertakan lampiran datanya.

 

atau Mendaftar untuk ikut berdiskusi!