Jadwal Kerja Karyawan

  1. 7 bulan yang lalu

    Mohon bantuannya master @Caton , ada file ROSTER, gimana caranya file ROSTER datanya akan terisi otomatis (data pola kerja) ketika file DAFTAR HADIR di buka..bisa ga ya? hehehe

  2. Caton

    10 Peb 2018 Terverifikasi Indonesia + 11.512 Poin

    InsyaAllah, bisa mas @Dicki. Kali ini, saya berikan petunjuknya saja ya. Saya ambil cara termudahnya yang dapat dilakukan, yakni sebagai berikut:

    [1]. Pada workbook DAFTAR HADIR FEBRUARI 2018.xlsx, buat tabel Roster sebagai tabel bayangan. Atau bisa juga dengan cara menyalin sheet ROSTER dari workbook ROSTER.xlsx ke dalam workbook DAFTAR HADIR FEBRUARI 2018.xlsx. Untuk membedakan nama kedua worksheet tersebut, ubah saja nama sheet ROSTER di dalam workbook DAFTAR HADIR FEBRUARI 2018.xlsx menjadi ROSTER_DATA.

    [2]. Dengan asumsi layout tabel Roster sama seperti pada file yang dilampirkan di atas, blok range D4:AH18 pada sheet ROSTER_DATA di dalam workbook DAFTAR HADIR FEBRUARI 2018.xlsx. Kemudian tekan tombol F2 atau klik pada Formula Bar untuk masuk ke dalam Edit Mode. Lalu ketik atau paste formula berikut ini:

    =IFERROR(INDEX(INDIRECT("'"&D$3&"'!"&"$H$1:$H$500");MATCH($B4;INDIRECT("'"&D$3&"'!"&"$G$1:$G$500");0));"")

    Perhatikan, sebelum menekan tombol ENTER, pastikan tanda pemisah (separator) antar argumen yang digunakan sudah sesuai (pada komputer dengan Regional Setting Indonesia, tanda pemisah biasanya menggunakan tanda titik koma. Selain itu biasanya menggunakan tanda koma).

    Jika tidak ada kesalahan pada saat mengetik atau menempelkan formula tersebut, maka Excel akan menyalin formula dari sel D4 tersebut ke seluruh sel dalam range yang diseleksi. Pada tahap ini, seharusnya sudah terlihat hasilnya pada tabel Roster tersebut.

    [3]. Kemudian, aktifkan sheet ROSTER pada workbook ROSTER.xlsx dan pilih sel D4. Pada sel tersebut, ketik tanda sama dengan (=) untuk mengisi formulanya. Buat rujukan ke sel D4 pada sheet ROSTER_DATA di dalam workbook DAFTAR HADIR FEBRUARI 2018.xlsx. Jika prosesnya benar, maka formula pada sel D4 sheet ROSTER pada workbook ROSTER.xlsx lebih kurang akan terlihat seperti berikut:

    ='[DAFTAR HADIR FEBRUARI 2018.xlsx]ROSTER_DATA'!$D$4

    Hampir serupa dengan proses pada langkah nomor 2 di atas, blok range D4:AH18 pada sheet ROSTER pada workbook ROSTER.xlsx kemudian masuk ke dalam Edit Mode. Pada tahap ini, ubah notasi alamat acuan sel absolut ($D$4) pada formula yang sudah dibuat sebelumnya tadi menjadi notasi alamat sel relatif (D4) sehingga formulanya lebih kurang akan terlihat seperti berikut:

    ='[DAFTAR HADIR FEBRUARI 2018.xlsx]ROSTER_DATA'!D4

    Jika tidak ada kesalahan, pada saat tombol ENTER ditekan, maka Excel akan menyalin formula dari sel D4 tersebut ke seluruh sel dalam range yang diseleksi. Sampai pada tahap ini, seharusnya sudah terlihat hasilnya pada tabel Roster sheet ROSTER pada workbook ROSTER.xlsx.

    Demikian tahapan proses yang dapat mas @Dicki coba kerjakan. Tahapan proses di atas sudah saya coba dan saya ulangi untuk memastikan tahapannya benar. Selamat mencoba dan semoga sesuai... ;)

  3. siap master, saya coba ya :D

  4. Di sunting 7 bulan yang lalu oleh dicki

    mas @Caton untuk yg edit mode itu gimana ya? soalnya ketika tekan "enter" yg berubah cuman "D4" yg lain mesti di tarik dari cell "D4" formulanya, mohon arahannya kembali :D

    satu lg mas @Caton , jika seandainya kita hanya mengambil 5 orang dari 15 orang di daftar "ROSTER_DATA", formula terbaiknya gimana ya?

  5. Caton

    12 Peb 2018 Terverifikasi Indonesia + 11.512 Poin
    Di sunting 7 bulan yang lalu oleh Caton

    ... untuk yg edit mode itu gimana ya? ...

    Sudah saya jelaskan pada tahap ke-2 di atas,"Kemudian tekan tombol F2 atau klik pada Formula Bar untuk masuk ke dalam Edit Mode." Yang terlupakan dari penjelasan di atas adalah, untuk membuat Excel menyalin formula dari sel D4 ke seluruh sel yang diseleksi, maka harus dikonfirmasikan dengan menekan kombinasi tombol CONTROL ENTER. Jadi bukan dengan hanya menekan tombol ENTER saja... :)

    ... seandainya kita hanya mengambil 5 orang dari 15 orang di daftar "ROSTER_DATA", formula terbaiknya gimana ya ...

    [1]. Pada workbook ROSTER.xlsx, buat definisi nama range RosterData, dimana range acuannya (Refers to...) dirujuk ke range B4:AH18 pada sheet ROSTER_DATA, workbook DAFTAR HADIR FEBRUARI 2018.xlsx, lebih kurang akan terlihat seperti gambar berikut:

    Shoot049.png

    [2]. Mengulangi langkah ke-3 dari penjelasan saya di atas (dengan perubahan), seleksi range C4:AH18 pada sheet ROSTER workbook ROSTER.xlsx. Kemudian pada sel C4 (kolom NAMA) masuk ke dalam Edit Mode dan masukkan formula sebagai berikut:

    =VLOOKUP($B4;RosterData;(COLUMN()-COLUMN($B$3))+1;0)

    Tekan kombinasi tombol CONTROL ENTER untuk mengkonfirmasi formula tersebut. Jika tidak ada kesalahan, maka Excel akan menyalin formula pada sel C4 ke seluruh sel yang terseleksi.

    [3] Untuk menguji apakah formula berhasil, hapus beberapa baris data pada sheet ROSTER workbook ROSTER.xlsx. Lihat apakah hasilnya merujuk ke data yang benar (sesuai).

    Demikian yang dapat saya jelaskan. Selamat mencoba... ;)

  6. thanks penjelasannya..ok i'll try lagi :D

 

atau Mendaftar untuk ikut berdiskusi!