1. 9 bulan yang lalu

    Mohon bantuannya..
    Saya memakai excel 2013 untuk membuat laporan di save dalam format excel binnary, saya edit nominal harga-harga yang tertera dengan cara di accounting dan di custom, setelah akan disave di notifnya itu bahwa file saya berubah dalam format comma decimal (cdv), saya OK karena berpikir saya merubah nominal harganya.
    setelah saya save dan saya keluar dari halaman excel, dan akan saya buka kembali, yang pas saya simpan awalnya itu bisa di gunakan dengan fungsi, pas disaat itu semua berubah lagi seperti di awal, dan notif dari rumusnya itu di katakan bahwa, perhitungannya salah dengan kolom yang kosong. ada yang bisa bantu? mohon..

  2. Caton

    8 Peb 2018 Terverifikasi Indonesia + 12.376 Poin

    Baiknya dilampirkan file yang dimaksud agar rekan-rekan dapat menelusuri masalahnya... :)

  3. iya terima kasih atas masukannya. jadi filenya seperti ini, saya hanya screenshot filenya.
    itu sama bentuk filenya, hanya saja datanya berbeda tapi cara membuatnya sama. Foto pertama itu, foto yang awalnya saya buka dan saya save, kemudian foto kedua itu, file yang saya save awalnya jadi seperti itu.

  4. Caton

    8 Peb 2018 Terverifikasi Indonesia + 12.376 Poin
    Di sunting 9 bulan yang lalu oleh Caton

    Coba masukkan nilai 0 (nol) pada sel AA2. Lihat apakah hasil kalkulasi pada sel AE2 masih menghasilkan kesalahan #VALUE!... Kemungkinan kesalahan adalah pada tipe nilai dari salah satu kolom (kolom W atau kolom AA)... ;)

  5. terima kasih untuk bantuannya, tadi pas di coba itu jadi. Tapi data awal dari file itu memang nilai2 tanpa di accounting, dan nilai2 itu saya accounting dan costum, awalnya jadi. tapi kalo di buka lagi file itu yang udah disave, itu akan jadi seperti itu. maksud saya caranya gimana supaya saya tidak lagi merubah2 itu tiap kali saya buka. dan tanda "-" itu dari angka "0" yang saya accounting. Mohon bantuanya yah.

  6. Caton

    8 Peb 2018 Terverifikasi Indonesia + 12.376 Poin

    Masalahnya memang bukan pada format nilainya, namun tipe nilainya, keduanya berbeda. Tipe nilai bisa Numerik (Angka), Alphabet (Huruf) atau Alphanumerik (Huruf dan Angka), namun pada dasarnya hanya dikelompokkan atas Angka dan Teks saja. Sedangkan format nilai atau format sel adalah bagaimana sebuah nilai akan ditampilkan ke layar, dan bentuknya bisa berupa Number, Text, Accounting, Date dan sebagainya... :)

    Yang menjadi masalah, apakah benar filenya tidak tersimpan dengan baik? Kalau ya, mengapa? Coba lakukan Save As, pilih format Excel Workbook (xlsx) dengan nama yang berbeda. Atau mungkin bisa juga dicoba menyimpannya ke folder berbeda.

  7. apa bisa saya save as menggunakan format binnary?

  8. Caton

    8 Peb 2018 Terverifikasi Indonesia + 12.376 Poin

    ... apa bisa saya save as menggunakan format binnary? ...

    Bisa saja, namun sebaiknya disimpan saja ke dalam format standar 2007 - 2016 dahulu (XLSX) guna memastikan apakah solusi tersebut berhasil. Jika berhasil, baru coba dikonversikan ke Binary Type... Namun, pilihan tetap saya kembalikan kepada mbak @Inang ... :)

  9. @Caton okay thanks, di coba..^^

  10. @Caton terimakasih atas masukkannya, itu sangat berguna. saya sudah mencobanya dan akhirnya jadi dengan format yang disarankan ataupun dengan format binary. terima kasih sekali lagi itu sangat membantu..

  11. Caton

    10 Peb 2018 Terverifikasi Indonesia + 12.376 Poin

    Sama-sama @Inang... :) Btw, yang dimaksud file binari apakah file berekstensi XLB atau XLSB, atau apakah file dengan ekstensi CSV? Karena keduanya berbeda. Yang dimaksud file binari dalam Excel umumnya adalah file berekstensi XLB atau XLSB. Sedangkan file dengan ekstensi CSV biasanya disebut Comma Separated File atau bisa juga disebut Data Text File... ;)

  12. @Caton saya save-As dengan format XLSB, yang awalnya saya save dengan CSV yang rumusnya selalu hilang setelah dibuka kembali.^_^

  13. Caton

    10 Peb 2018 Terverifikasi Indonesia + 12.376 Poin
    Di sunting 9 bulan yang lalu oleh Caton

    Oh... saya kira yang @Inang maksud binari itu file CSV (dari yang saya pahami pada penjelasan @Inang pertama). File dengan tipe CSV memang tidak akan dapat menyimpan formula Excel karena pada dasarnya benbentuk Text File (bisa dibuka dengan Notepad)... ;)

  14. @Caton oh, saya baru tahu tentang CSV seperti itu, karena sebelumnya saya belum pernah menggunakannya. Terima Kasih untuk informasinya, itu sangat-sangat berguna. Sekarang saya masih mau mempelajari banyak tentang excel karena masih banyak rumus-rumus yang belum di pahami. Mohon bantuannya yah.

 

atau Mendaftar untuk ikut berdiskusi!