Absensi

  1. 8 bulan yang lalu

    mohon bantuan nya para master excel.
    Apakah tabel yang saya buat sudah sesuai, Jika ingin mencari data terlambat karyawan dalam 1 periode tertentu dan mengurutkannya.

    misal :
    1. Andri
    Data terlambat : Tanggal 1 : 30 menit
    Tanggal 5 : 4 menit
    Tanggal 13 : 7 menit

    dan seterusnya

    Menampilkan data jumlah jam kerja karyawan per tanggal secara ringkas

    2. Ma'ruf
    Jam kerja : Tanggal 1 : 09:12 (9 jam 12 menit)
    Tanggal 2 : 12:54 (12 Jam 54 menit)

    mas @Caton mohon maaf data blank ternyata sudah dapat saya perbaiki :)

    sepertinya saya masih menemukan kesulitan lainnya seperti :

    1. Rizki Rahma Hana
    2. Susanto
    3. Ujang
    4. Dicky
    1. Tamsori
    2. Abdul Rojak dll

    nama2 tersebut adalah karyawan yang tidak mendapatkan jatah makan harian dari perusahaan. tapi ketika karyawan tsb. ditemukan Lupa absen, maka akan dilakukan potongan berupa lupa absen sebesar Rp. 5.000,-

    mohon bimbingan nya agar saya dapat membedakan potongan tsb. dengan data karyawan yang lainnya.

    sukses selalu mas @Caton

  2. Caton

    22 Jan 2018 Terverifikasi Indonesia + 11.512 Poin

    Mas Heru Setiawan Wibowo ...

    Apakah tabel yang saya buat sudah sesuai, Jika ingin mencari data terlambat karyawan dalam 1 periode tertentu dan mengurutkannya.

    Sesuai atau tidak sesuai, bergantung kepada banyak hal. Jika memang bentuk tabel yang digunakan sesuai dengan keinginan, formula untuk mencari data terlambat mungkin dapat diusahakan. Namun, kesulitannya mungkin pada proses mengurutkannya...

    Di forum ini saya lihat ada beragam bentuk tabel yang digunakan oleh rekan-rekan untuk menampilkan informasi absensi karyawan. Jadi tidak ada standar bentuk yang sesuai. Jika saya perhatikan, formula yang digunakan untuk melakukan kalkulasi data umumnya disesuaikan dengan bentuk tabel yang digunakan. Sekali lagi, tergantung kepada kebutuhan bagaimana informasi akan ditampilkan...

    Saya tidak tahu bagaimana proses dan pengolahan data absensi yang mas Heru Setiawan Wibowo hadapi. Namun melihat data-data sebelumnya yang mas Heru Setiawan Wibowo lampirkan, hal yang dapat saya sarankan:

    [1]. Penggunaan tabel (sebaiknya menggunakan Table Object) sebagai sumber data awal yang dapat dijadikan acuan untuk menampilkan informasi. Pisahkan tabel untuk data induk karyawan, tabel data absensi (bisa dipisahkan per periode misalkan per bulan, per kuartal atau per semester), tabel data referensi dan sebagainya. Mengapa sebaiknya menggunakan Table Object? Karena Table Object pada Excel memiliki beberapa kelebihan dibandingkan menggunakan Range Table pada umumnya.

    [2]. Penggunaan nomor Identitas khusus (misalnya NIK atau NIP) sebagai identitas karyawan. Penggunaan nomor identitas khusus lebih baik daripada menggunakan nama sebagai acuan pencarian data, terutama mengingat besarnya kemungkinan duplikasi nama.

    [3]. Jika memungkinkan, gunakan satu sheet saja untuk menampilkan informasi yang sama. Misalnya untuk menampilkan ringkasan (Summary) dari absensi karyawan bulanan, dapat digunakan satu sheet saja. Untuk menampilkan informasi pada bulan yang berbeda, bisa menggunakan formula untuk mengkalkulasi data dari bulan berbeda. Konsep Re-usable Sheet ini dapat mengurangi ukuran file dan mengurangi proses kalkulasi.

    Kembali, semuanya bergantung kepada kebutuhan dan keinginan masing-masing. Jadi tidak ada standarnya dalam hal ini. Dan mungkin file terlampir dapat dijadikan sebagai contoh... ;)

  3. Mas @Caton terimakasih atas bantuan dan saran nya sangat membantu proses pengerjaan absensi yang saya lakukan :)

    smoga makin sukses untuk mas @Caton dan kawan2 lainnya di group ini

  4. Caton

    23 Jan 2018 Terverifikasi Indonesia + 11.512 Poin

    Sama-sama mas @Heru Setiawan ... Silahkan diskusikan kembali jika ada kendala, masalah atau hal-hal yang ingin ditanyakan. Sukses selalu buat Anda... ;)

  5. mas @Caton mohon bimbingan nya lagi setelah saya pelajari data yang mas @Caton kirimkan ternyata saya masih kebingungan dengan "Data pada Sheet (Ringkasan Karyawan)" karena tidak muncul jumlah hari pada kolom "Datang & Pulang" dimana di kolom tersebut merupakan data karyawan yang "Lupa Absen" atau tidak melakukan Absensi "Datang & Pulang"

    Yang Kedua
    -Mohon penjelasan nya untuk data pada "Sheet Ringkasan Absensi Karyawan" dimana pada kolom
    "Jam Kerja" terdapat perbedaan antara data yang mas @Caton kirim & data yang sesuai dengan kebutuhan saya. (Perbedaannya "kolom Jam Kerja" yang sesuai dengan kebutuhan saya tampilan rumusnya #VALUE! mohon bantuan koreksi nya dari mas @Caton :)

    Berikut File Terlampir
    terimakasih

  6. Caton

    24 Jan 2018 Terverifikasi Indonesia + 11.512 Poin

    Begini mas Heru....

    [1]. Pada sheet Absensi, ada kemungkinan kolom MASUK atau kolom PULANG kosong karena tidak ada data absensi dari karyawan. Oleh karenanya, pada saat memproses data absensi, operator mengisi data pada kolom TAD (Tidak Absensi Datang) atau pada kolom TAP (Tidak Absensi Pulang) dengan nilai jam yang kosong (saya tandai dua kolom tersebut dengan kata MANUAL). Agar formulanya berfungsi, maka pada kolom KETERANGAN harus diisi dengan nilai TAD atau TAP.

    Nah, jumlah baris data yang bernilai TAD atau TAP pada kolom KETERANGAN ini diakumulasi pada sheet
    Ringkasan Karyawan berdasarkan kriteria NIK, TANGGAL dan KETERANGAN. Jadi, agar muncul informasi pada kolom DATANG dan kolom PULANG pada sheet Ringkasan Karyawan, maka pada sheet Absensi harus berisi nilai TAD atau TAP dan kolom TAD atau TAP harus berisi nilai jam yang terlewatkan.

    Lihat contohnya pada lampiran contoh yang saya berikan, pada sheet Absensi baris terakhir...

    [2]. Pada sheet Absensi, kolom JAM KERJA (mulai sel K6), perbaiki pada bagian akhir formulanya saja, yakni ganti nilai argumennya dari dua tanda kutip ganda menjadi nilai 0 (nol). Biasanya secara otomatis Excel akan mengupdate formula baris selanjutnya. Gambarannya:

    =IF(LEN([@KETERANGAN]);IF(IFERROR(SEARCH([@KETERANGAN];"HADIR|TAP|TAD");0);IF([@PULANG]+[@AP];IF([@MASUK]+[@AD];([@PULANG]+[@AP])-([@MASUK]+[@AD]);0);0);0);"")

    menjadi

    =IF(LEN([@KETERANGAN]);IF(IFERROR(SEARCH([@KETERANGAN];"HADIR|TAP|TAD");0);IF([@PULANG]+[@TAP];IF([@MASUK]+[@TAD];([@PULANG]+[@TAP])-([@MASUK]+[@TAD]);0);0);0);0)

    Lihat perbaikan hanya pada bagian akhir formulanya saja. Silahkan coba dikoreksi dahulu. Demikain... ;)

  7. mas @Caton terimakasih atas penjelasan nya, ini sangat membantu
    salam sukses selalu untuk mas @Caton dan rekan2 lainnya di group ini :)

  8. mas @Caton mohon bantuannya untuk dapat menentukan status karyawan menjadi ;

    1. kontrak
    2. tetap
    3. orientasi

    kontrak (dibawah 3 tahun masa aktif kerja)
    tetap (min. 3 tahun masa aktif kerja)
    orientasi (min. 4 bulan)

    berikut file terlampir

  9. Caton

    25 Jan 2018 Terverifikasi Indonesia + 11.512 Poin

    Mas @Heru Setiawan...

    Target yang diinginkan sebenarnya bisa didapatkan dengan menggunakan fungsi IF dan fungsi DATEDIF. Ada beberapa cara penerapannya. Silahkan dipelajari formulanya pada pada file terlampir, kemudian coba diaplikasikan ke tabel yang akan digunakan...

    Demikian... ;)

  10. mas @Caton maaf saya ada yang ingin di tanyakan :
    bagaimana jika data absensi karyawan ada penambahan jumlah karyawan, apakah data pada ringkasan karyawan bisa mengisi data tambahan tsb secara otomatis ??

    contoh :
    pada tanggal 21 - sampai 28 tidak ada penambahan karyawan
    tapi pada tanggal 29 ada penambahan karyawan 7 orang, yang terbagi pada tiap2 divisi yang berbeda

    divisi delivery 1 orang
    divisi kitchen 3 orang
    divisi steward 2 orang
    divisi post pro 1 orang

    berikut file terlampir
    keterangan jumlah karyawan tambahan ditandai dengan warna merah

    mohon bantuan nya mas @caton :)

  11. Caton

    27 Jan 2018 Terverifikasi Indonesia + 11.512 Poin

    ... bagaimana jika data absensi karyawan ada penambahan jumlah karyawan, apakah data pada ringkasan karyawan bisa mengisi data tambahan tsb secara otomatis ...

    Selama NIK dari karyawan tersebut ada pada tabel db.Karyawan (sheet Karyawan) dan pada tabel db.Absensi (sheet Absensi), dan ada pada tabel pada sheet Ringkasan Karyawan (kolom NIK), maka proses akan datanya akan terkalkulasi otomatis...

    Hasilnya sendiri merupakan akumulasi data pada tabel db.Absensi berdasarkan periode (bulan) yang ditentukan pada sheet Ringkasan Karyawan.

    Demikian... ;)

  12. Caton

    27 Jan 2018 Terverifikasi Indonesia + 11.512 Poin
    Di sunting 8 bulan yang lalu oleh Caton

    Penting untuk mas Heru perhatikan.

    Pada file absensi tersebut, NIK merupakan elemen terpenting yang harus bersifat unik (tanpa duplikat per karyawan) dan harus sinkron di seluruh tabel yang menggunakannya untuk menghasilkan hasil yang tepat. Divisi bisa saja berganti, nama bisa saja kurang atau lebih 1 atau 2 karakter, namun NIK harus sama tepat. Saya menemukan contoh input NIK yang tidak tepat.

    06.0030.0	UNTUNG	ADMIN P&D

    Data di atas ada pada sheet Karyawan, namun pada sheet Absensi:

    06.0028.0	UNTUNG	ADMIN P&D
    06.0030.0	UNTUNG	ADMIN P&D

    Apakah keduanya merupakan personal yang berbeda? Karena pada sheet Ringkasan Karyawan, hanya ada data untuk:

    06.0030.0	UNTUNG

    Yang fatal adalah, pada tabel absensi, NIK yang sama juga digunakan oleh:

    06.0030.0	JONI	ADMIN P&D

    sehingga pada sheet Karyawan, semua data dengan NIK 06.0030.0 terakumulasi atas nama UNTUNG (karena NIK atas nama JONI adalah 06.0032.0).

    NIK merupakan entiti yang bersifat unik. Jika semisalnya ada karyawan yang tidak lagi bekerja, maka sebaiknya NIK milik karyawan yang resign tersebut tidak lagi digunakan. Atau jika ingin digunakan kembali, jangan gunakan pada periode bulan absensi yang berdekatan.

    Saran saya, benahi dahulu data pada sheet Absensi. Buat NIK yang sesuai dengan kebutuhan (karena NIK yang saya buat hanya sebagai contoh saja). Bila ada NIK yang sudah tidak digunakan, hapus atau jangan digunakan lagi, atau gunakan pada beberapa periode absensi ke depan (mungkin 3 bulan sampai 6 bulan ke depan semenjak karyawan yang bersangkutan resign).

    Demikian...

  13. mas @Caton terimakasih telah bersedia menkoreksi kesalahan pada file yang saya lampirkan, akan saya perbaiki kesalahan tsb.

    sukse selalu untuk mas @Caton dan rekan2 lainnya :)

  14. Caton

    27 Jan 2018 Terverifikasi Indonesia + 11.512 Poin

    Sama-sama mas @Heru Setiawan... Sukses selalu juga buat Anda. Silahkan diskusikan kembali jika menemui kendala atau masalah... ;)

  15. mas @Caton mohon bersedia utk melakukan diskusi kembali terkait soal absensi karyawan, ternyata ada beberapa kolom yang harus di tambahkan pada file absensi. Penambahan kolom dilakukan pada sheet "Ringkasan Karyawan"

    mohon bimbingan nya :)

    Keterangan :

    1. Menambahkan kolom "Gratis Makan Siang" (Setiap hari Jumat)
    2. Menambahkan kolom "Total Hari Kerja Karyawan"
    3. Potongan makan karyawan sebesar Rp. 5000,-
    4. Membedakan Shift Kerja Karyawan :

    a. Pagi
    b. Siang
    c. Panwas (Security) malam

    1. Potongan Lupa Absen (Pemotongan dilakukan dari gaji) sebesar Rp. 5000,-
    2. Menentukan Extra Off karyawan per bulan (mohon diskusi)

    berikut file terlampir : Mohon bantuan nya beserta rumus :)Jan 21-31 Luar WS.xlsx

  16. mas @Caton mohon bersedia utk melakukan diskusi kembali terkait soal absensi karyawan, ternyata ada beberapa kolom yang harus di tambahkan pada file absensi. Penambahan kolom dilakukan pada sheet "Ringkasan Karyawan"

    mohon bimbingan nya :)

    Keterangan :

    1. Menambahkan kolom "Gratis Makan Siang" (Setiap hari Jumat)
    2. Menambahkan kolom "Total Hari Kerja Karyawan"
    3. Potongan makan karyawan sebesar Rp. 5000,-
    4. Membedakan Shift Kerja Karyawan :

    a. Pagi
    b. Siang
    c. Panwas (Security) malam

    1. Potongan Lupa Absen sebesar Rp. 5000,-
    2. Menentukan Extra Off karyawan per bulan (mohon diskusi)
    3. Sisa Cuti Karyawan

    berikut file terlampir : Mohon bantuan nya beserta rumus :)

  17. Caton

    30 Jan 2018 Terverifikasi Indonesia + 11.512 Poin

    Untuk menambahkan kolom pada tabel data sheet Ringkasan Karyawan, dapat dilakukan di kolom terakhir (setelah kolom SPLIT). Yang menjadi masalah formulanya bagaimana? Coba dianalisa dahulu, misalkan untuk mendapatkan total hari kerja karyawan, kriteria formulasinya adalah:

    [a]. NIK karyawan pada tabel Ringkasan harus cocok/sesuai dengan NIK pada tabel absensi. Sehingga jika diformulasikan akan menjadi:

    = (NIK Absensi = NIK Ringkasan)
    = (db.Absensi[NIK]=$C11)

    [b]. Jika NIK-nya sudah sesuai, kondisi atau kriteria apalagi yang harus terpenuhi? Dalam hal ini, tentunya hari kerja adalah hari dimana karyawan masuk bekerja. Pada tabel absensi, kolom yang menjadi kunci setelah kolom NIK adalah kolom KETERANGAN. Pada kolom KETERANGAN, jika karyawan masuk bekerja, nilainya dapat berupa HADIR, TAP atau TAD. Dengan demikian, yang akan kita lakukan adalah menghitung berapa banyak nilai-nilai tersebut muncul pada kolom KETERANGAN dengan formulasi:

    = (KETERANGAN Absensi = "HADIR" atau KETERANGAN Absensi = "TAP" atau KETERANGAN Absensi = "TAD")
    = (db.Absensi[KETERANGAN] = "HADIR") OR (db.Absensi[KETERANGAN] = "TAP") OR (db.Absensi[KETERANGAN] = "TAD")

    [c]. Dari 2 formulasi tersebut, sudah didapatkan kriteria utama untuk menghitung jumlah hari kerja karyawan. Selanjutnya adalah menggabungkan kedua formulasi menjadi 1 formula akhir. Jika diuraikan dalam bentuk kalimat:

    Hitung kemunculan nilai "HADIR" atau "TAP" atau "TAD" pada kolom KETERANGAN untuk setiap baris data pada tabel Absensi dengan nilai pada kolom NIK sama dengan nilai NIK pada sel C11 tabel Ringkasan

    Dari kalimat tersebut, penghubung antara kriteria [a] dengan kriteria [b] adalah AND oleh karena kedua kriteria harus ada. Sedangkan kriteria nilai kolom KETERANGAN dihubungkan dengan OR, karena dapat berupa salah satu nilai dari nilai HADIR, TAP atau TAD. Jika diaplikasikan dalam bentuk formula Excel maka dapat berupa:

    =SUMPRODUCT((db.Absensi[NIK]=$C11) AND ((db.Absensi[KETERANGAN]="HADIR") OR (db.Absensi[KETERANGAN]="TAP") OR (db.Absensi[KETERANGAN]="TAD")) * 1)

    Pada formula tersebut, notasi * 1 akan membuat nilai logik TRUE atau FALSE menjadi nilai numerik, dimana TRUE * 1 = 1 * 1 = 1 dan FALSE * 1 = 0 * 1 = 0. Dengan demikian, untuk setiap baris data yang nilai pada kolom NIK tabel Absensi sama dengan nilai kolom C11 tabel Ringkasan DAN nilai kolom KETERANGAN pada tabel Absensi sama dengan HADIR atau TAP atau TAD, maka formula akan menghasilkan nilai TRUE yang kemudian dikalikan dengan 1. Nilai-nilai dari setiap baris yang diproses akan dijumlahkan oleh fungsi SUMPRODUCT menjadi nilai akhir kalkulasi. Target yang sama dapat dihasilkan pula dengan formula:

    =SUM(COUNTIFS(db.Absensi[NIK];C11;db.Absensi[KETERANGAN];{"HADIR";"TAP";"TAD"}))

    Demikian hal dasar yang dapat diterapkan dalam menganalisa sebuah kondisi guna mendapatkan formula Excel yang tepat. Lalu bagaimana dengan kondisi lainnya sebagaimana yang ditanyakan?

  18. Caton

    30 Jan 2018 Terverifikasi Indonesia + 11.512 Poin

    Lalu bagaimana dengan kondisi lainnya sebagaimana yang ditanyakan? Pada dasarnya, untuk setiap baris data pada tabel Ringkasan, kunci utama pencarian data pada tabel Absensi adalah NIK. Oleh karena itu, formulasi:

    (db.Absensi[NIK]=$C11)

    akan tetap digunakan untuk menyaring data tabel Absensi yang sesuai dengan data pada tabel Ringkasan. Lalu bagaimana cara untuk mendapatkan nilai untuk target seperti:

    — Gratis Makan Siang
    — Potongan Makan Karyawan
    — Membedakan Shift Kerja Karyawan

    Sebagaimana yang saya jelaskan di atas, yang harus mas @Heru Setiawan lakukan adalah menentukan terlebih dahulu kondisi atau kriteria apa yang harus dipenuhi.

    Sebagai contoh, untuk mendapatkan Shift Kerja Karyawan, hal apa yang biasanya digunakan sebagai parameter? Parameter yang umumnya digunakan adalah Jam Masuk Kerja karyawan. Berarti, harus ada syarat yang membedakan masing-masing shift kerja, misalkan saja:

    — shift kerja pagi dimulai jam 06.00 sampai dengan 12:59,
    — shift kerja siang dimulai jam 13.00 sampai dengan 19:59, dan
    — shift kerja malam dimulai jam 20.00 sampai dengan 02:59.

    Selanjutnya, tentukan bagaimana hasil yang diinginkan. Misalkan saja, ingin didapatkan informasi berapa kali seorang karyawan shif pagi, berapa kali shift siang dan berapa kali malam. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa akan ada 3 kolom tambahan, yakni PAGI, SIANG dan MALAM. Gambarannya:

    Shoot038.png

    Untuk formulanya, pada masing-masing kolom dimulai dari baris 11 tabel Ringkasan (misalkan masing-masing mulai dari sel P11, Q11 dan R11) dapat berupa:

    =COUNTIFS(db.Absensi[NIK];C11;db.Absensi[SKPH];">=06:00";db.Absensi[SKPH];"<13:00")
    =COUNTIFS(db.Absensi[NIK];C11;db.Absensi[SKPH];">=13:00";db.Absensi[SKPH];"<20:00")
    =COUNTIFS(db.Absensi[NIK];C11;db.Absensi[SKPH];">=20:00";db.Absensi[SKPH];"<03:00")

    Demikian contohnya jika target yang diinginkan adalah menghitung jumlah hari masing-masing shift. Namun jika target yang diinginkan adalah mendapatkan informasi shift kerja per hari, maka tabel Ringkasan tidak dapat digunakan oleh karena digunakan untuk menampilkan informasi per periode (yakni per bulan absensi). Untuk itu, tabel pada sheet Ringkasan Personal menjadi alternatif untuk menampilkan informasi individual...

    Untuk hal-hal seperti bagaimana menentukan Extra Off karyawan per bulan atau menghitung sisa cuti karyawan, lakukan analisa yang sama juga. Apabila pada tabel Absensi tidak ada data pendukung yang diperlukan, mungkin harus ditambahkan kolom data lagi, atau dipikirkan kembali bagaimana dan darimana data akan didapatkan....

  19. Caton

    30 Jan 2018 Terverifikasi Indonesia + 11.512 Poin

    Dari kedua paparan di atas, saya harap mas @Heru Setiawan dapat mencoba menganalisa kondisi atau kriteria dari target informasi yang akan dihasilkan (ditampilkan). Tentukan juga bagaimana target informasi akan ditampilkan, apakah dalam bentuk ringkasan per periode atau per individu. Karena tidak semua informasi dapat ditampilkan per periode ataupun per individu.

    Kemudian coba mengaplikasikannya hasil analisa tersebut ke dalam bentuk formula Excel. Bila terkendala dalam menyusun formulanya, mas Heru dapat mendiskusikan kendalanya dengan menjelaskan detil kriteria atau kondisi dari masing-masing target yang diinginkan. Dengan detil kriteria yang jelas, akan sangat memudahkan rekan-rekan menemukan solusi dari masalah atau kendala yang disampaikan.

    Demikian yang dapat saya sampaikan. Silahkan dicoba dahulu, kemudian baru didiskusikan kembali... ;)

  20. mas @Caton terimakasih atas waktu luangnya untuk dapat berdiskusi dengan saya :)

    Kendala ;
    1. rumus yang mas @Caton berikan tidak dapat di aplikasikan ketika masih terdapat kolom "Blank" pada
    Sheet Absensi atau "db.Absensi". tidak bisa digunakan baik dalam menemukan
    "Jumlah Hari Kerja & Jadwal Shifting"

    2. "db.Absensi" masih memunculkan data (Blank), karena sebelumnya dari penjelasan mas @Caton di atas
    terdapat [NIK] Karyawan harus sesuai dengan [db.Absensi] yaitu; munculnya data penambahan
    karyawan baru.

    3. Kolom Blank muncul pada "Keterangan SKPH"
    (Note : Hanya muncul Blank pada karyawan yang baru saja ditambakan)

    4. target informasi akan ditampilkan, adalah dalam bentuk ringkasan per periode.

    5. Jika saya menginginkan data dalam bentuk ringkasan per individu, maka Sheet pada "db.Absensi" bisa
    ditampilkan menggunakan "filter By selected Cell's icon".

    6. Tabel pada Sheet Ringkasan Karyawan " dengan keterangan
    (PFM) adalah Makan gratis karyawan khusus setiap "Jumat".
    dan data (PFM) juga muncul dikolom keterangan
    "db.Absensi".

    7. "db.Absensi" pada tabel CATATAN menjelaskan klasifikasi
    karyawan yang mendapatkan POTONGAN MAKAN &
    POTONGAN LUPA ABSEN.

    8. Sheet ringkasan karyawan "TOTAL HARI TDK MAKAN" indikasi
    nya adalah ; SAKIT, IZIN, CUTI, LIBUR & PFM

    9. TOTAL HARI MAKAN indikasinya Berdasarkan ; "HADIR"

    Demikian data yang dapat saya jelaskan terkait temuan atas kurang lengkap nya hasil pada diskusi sebelumnya, mhon kiranya mas @Caton bersedia membantu :)

    Salam sukses selalu dan semoga dimudahkan atas segala urusan nya mas @caton :)

  21. Newer ›
 

atau Mendaftar untuk ikut berdiskusi!