Incoming Phone

  1. 7 bulan yang lalu

    Dear rekan forum komunitas Belajar Excel yang saya hormati.
    Saat ini kebetulan excel kami sudah upgrade ke versi office 2007. Walau masih jauh dari versi yg diharapkan. Namun cukup lumayan.
    Mohon kami minta penjelasan untuk case yg saya alami, saat ini kami dapat tugas untuk mengawasi data incoming phone yang masuk setiap hari. Seperti yg kami lampirkan. Data ini bersifat tiap hari 24jam. Kesulitan kami apabila data banyak dan harus diascending satu persatu. Saat ini yg bisa menolong hanya pivot Table. Namun saat data sudah masuk ribuan dalam satu periode. Maka akan menjadi lambat
    Adapun yang kami ingin tanyakan sbb
    1.Tampilan data dpt display perhari atau periode. Bahkan perbulan

    1. Tampilan dpt melihat rata2 call duration per agent. Baik harian, periode atau bulan
    2. Angkatan per agent perjam perhari dst

    Semua sudah kami lampirkan dalam format pertanyaan ini. Dan atas bantuannya kami ucapkan terimakasih
    Salam hormat
    Mardhana

  2. Caton

    19 Jan 2018 Terverifikasi Indonesia + 10.289 Poin

    @Mardana ...

    Terlampir contoh kalkulasi dinamis yang dapat saya bantu. saya hanya memberikan contoh kalkulasi dengan 2 kriteria saja, yakni Per Tanggal dan Per Periode. Mungkin beberapa di antaranya belum sesuai kriteria yang diinginkan. Silahkan dipelajari dahulu dan dimodifikasi formulanya sesuai kebutuhan. Btw, mengolah ribuan data pada dasarnya memang akan memakan waktu, oleh karenanya saya tidak yakin solusi ini bisa membantu. Namun silahkan dicoba dahulu atau disesuaikan saja jumlah datanya.

    Sebagai informasi, pada file yang saya lampirkan, data dibentuk menjadi Table Object. Jadi, jika akan mencoba dengan data yang @Mardana miliki, harus ditempelkan (pasting) di dalam tabel tersebut. Potensi masalah yang (mungkin) dapat terjadi adalah pada kolom Date/Time (pada Table Object yang saya buat, berada pada kolom dengan Header Name B).

    Dari contoh yang @Mardana lampirkan, pada komputer yang saya gunakan, nilai Hari pada kolom Date/Time tersebut terbaca sebagai Bulan. Sehingga untuk mengembalikannya menjadi tanggal yang sesuai, harus dilakukan konversi dahulu (lihat pada sheet Dump). Proses tersebut tidak harus dilakukan jika format Date/Time-nya sudah sesuai pada komputer yang @Mardana gunakan. Intinya, pastikan data Date/Time sudah sesuai. Karena jika ada nilai pada kolom tersebut yang tidak sesuai, maka kalkulasi pada sheet Summary akan menghasilkan kesalahan (#VALUE!).

    Demikian dan semoga bermanfaat... ;)

  3. Terimakasih mas @Caton atas informasinya. Akhirnya finish juga. Maaf mas sy coba alihkan sesuai dengan yang mas Caton ajarkan secara rinci diatas. Saya kok masih salah dalam menemukan formulanya.
    Yg saya lakukan sbb:
    1 Copas tanggal dari data PABX ke kolom A di sheet Dummy.
    2.Hasil yang dicopas tadi akan muncul di kolom G sheet dummy "Final"
    3.Saya copykan hasil "Final" tsb di sheet DB012018 dengan paste special . sy arsir warna colom kuning. Namun hasilnya jadi berubah.
    Sbg contoh Anita, "pada hasil yg dikirim dan hitung manual average per hour 3"...namun saat saya lakukan dengan cara diatas versi yg saya ceritakan. Hasilnya berubah jadi 1.
    Saya coba rubah untuk format tanggal...malah hasilnya kosong.
    Mohon arahannya sekali lagi mas. Terlampir captured dan langkah yg telah dilakukan. Kesalahannya dimana ya?.
    Satu lagi mumpung inget mas hehehe...apakah bisa tampilan tersebut dibuat dalam bentuk dashboard monitor di ezcel. Saya sangat tertarik dan apabila tidak keberatan bisa di ajarkan step by stepnya mas. Terimakasih banyak semoga ilmunya bermanfaat bagi masyarakat luas

  4. Caton

    25 Jan 2018 Terverifikasi Indonesia + 10.289 Poin

    @Mardana ...

    Sebelumnya sudah saya jelaskan:

    ... Proses tersebut tidak harus dilakukan jika format Date/Time-nya sudah sesuai pada komputer yang @Mardana gunakan. Intinya, pastikan data Date/Time sudah sesuai ...

    Dari screen shoot yang @Mardana sertakan, proses konversi tersebut tidak perlu lagi dilakukan mengingat pengaturan Regional Setting yang digunakan pada komputer @Mardana sudah sesuai dengan format sumber datanya. Proses tersebut hanya perlu dilakukan jika @Mardana menemukan kejanggalan pada format nilainya, misalkan bulan menjadi tanggal dan tanggal menjadi bulan (sebagaimana yang saya alami). Hal ini dikarenakan, sumber data yang digunakan berasal dari komputer yang menggunakan Regional Setting seperti US/UK. Sedangkan pada komputer saya, menggunakan Regional Setting Indonesia (ID).

    Saya pribadi belum pernah membuat Excel Dashboard. Jadi tidak ada hal yang bisa saya ajarkan. Namun, @Mardana bisa memulai dengan mencari Free Excel Dashboard Template dan kemudian menyesuaikan informasi yang akan ditampilkan dengan data yang ada... Intinya, tentukan informasi apa saja yang akan ditampilkan pada Dashboard. Umumnya sih, komponen yang digunakan adalah Excel Chart. Namun kembali hal tersebut tergantung kepada informasi apa saja yang akan ditampilkan.

    Mungkin ada rekan-rekan di BeORG yang pernah mencoba dan dapat berbagi pengalaman...?!

  5. Terimakasih mas Caton atas informasinya. Langkah langkah sudah saya ikuti dan saya coba capture. Semua sudah akurat. Namun masih ada beberapa yang menghasilkan nilai Value dikolom. Summary. Sudah saya rubah kembali dengan mencoba membalikan dengan format Dummy...juga masih menghasilkan Value.
    Dan saya coba menggantikan dengan kolom yang berbeda dan hasilnya tidak value. Saya ambil contoh perhitungan dengan merubah kolim I ke J. Di perhitungan. Summarynya
    Mohon maaf ini mas saya akhirnya harus tulis kembali setelah 5 hari coba dan googling tapi belum berhasil. Data yg saya dapatkan hampir 22rb. Terlampir captured saya. Terimakasih

  6. Caton

    29 Jan 2018 Terverifikasi Indonesia + 10.289 Poin

    #VALUE! umumnya terjadi jika salah satu tipe nilai dalam argumen sebuah fungsi tidak sesuai dengan tipe nilai seharusnya, baik nilai yang diacu (diambil) dari sel atau range lain, atau nilai yang didapat dari hasil kalkulasi oleh fungsi lainnya. Meskipun demikian, ada hal-hal lain yang mungkin menyebabkan terjadinya kesalahan #VALUE! tersebut. Membaca penjelasan @Mardana:

    ... Dan saya coba menggantikan dengan kolom yang berbeda dan hasilnya tidak value. Saya ambil contoh perhitungan dengan merubah kolim I ke J. Di perhitungan. Summarynya ...

    bisa jadi masalah terjadi oleh karena pada kolom I terdapat nilai yang tidak sesuai, misalkan saja pada salah satu sel kolom I terdapat teks (berupa alphabet atau alphanumerik), atau nilai dalam format jam namun diawali spasi, dan sebagainya.

    Jika memungkinkan, lampirkan file yang bermasalah agar dapat ditelusuri masalahnya dimana. Jika file tidak dapat dipublish di sini, silahkan lampirkan melalui PM. Demikian... ;)

 

atau Mendaftar untuk ikut berdiskusi!