memindahkan data dari sheet 1 ke sheet yang lain

  1. 11 bulan yang lalu

    dear all suhu dan master...mohon pencerahannya, adakah rumus atau vba macro yang bisa memindahkan data dari sheet1 ke sheet yang lain..dengan kata lain ketika kita panggil data sheet1 ( no invoicenya ) di sheet2 ( no invice dan detailnya ) dengan metode vlookup maka data di sheet1 akan menghilang ( karena kita sudah memanggil datanya )...terima kasih sebelumnya jika ada yang bisa membantu.

  2. Caton

    14 Des 2017 Terverifikasi Indonesia + 12.602 Poin
    Di sunting 11 bulan yang lalu oleh Caton

    Hal yang mas @Ache tanyakan setahu saya tidak akan bisa dilakukan dengan formula. Jadi, saya berikan solusi dengan VBA. Silahkan dicoba dahulu pada file terlampir. Prosesnya sederhana, pilih satu atau beberapa nomor Invoice yang akan dipindahkan, lalu tekan tombol Proses. Data sesuai nomor Invoice terpilih akan dipindahkan dari sheet SOURCE ke sheet TARGE. Tampilannya:

    Shoot015.png

    Saya tidak tahu pasti apakah benar sesuai keinginan mas @Ache... Jika tidak sesuai, atau ada kendala dan masalah, silahkan didiskusikan kembali... ;)

  3. terima kasih banyak sebelumnya mas @Caton atas pecerahannya dan jawaban atas permasalahan saya malah lebih bagus dari yang saya tanyakan...secara umum yang mas @Caton berikan sudah benar mas..dan pertanyaan berikutnya adalah bisa gak ya mas ditambahkan listbox untuk search dengan memanggil hanya nomer invoicenya saja di dalam form prosesnya dengan scan barcode ( karena invoicenya sudah berupa barcode)..untuk mempermudah pencariannya mas?...terima kasih sekali lg mas atas bantuannya (minta no HP nya dong mas)

  4. Caton

    17 Des 2017 Terverifikasi Indonesia + 12.602 Poin

    Maksudnya, kurang lebih seperti pada diskusi sebelumnya tentang Invoice Scanner itu? Maaf, saya kurang paham. Yang saya pahami:

    1] Ambil (capture) hasil scan Nomor Invoice yang dihasilkan oleh Barcode Scanner (seperti proses pada diskusi sebelumnya) pada TexBox.
    2] Tambahkan Nomor Invoice yang telah diambil (captured) ke dalam ListBox.
    3] Saat tombol Proses diklik, cari (Lookup) setiap Nomor Invoice di dalam ListBox pada tabel Data. Jika nomor ditemukan, pindahkan data pada Data ke tabel tujuan.

    Itu yang saya pahami. Mirip dengan proses dari diskusi sebelumnya... :) Atau bisa mas @Ache jelaskan bagaimana tahap demi tahap yang inginkan ... ;)

  5. sebenarnya sih malah sedikit lebih sederhana mas @Caton..yang saya butuhkan hanya

    1. di sheet source hanya menyediakan TextBox untuk scan nomer invoice
    2. hasil dari scan akan secara otomatis akan langsung mengurangi isi dari sheet source dan berpindah ke sheet target
    3. ketika data tidak ada di sheet source maka akan keluar remainder bahwa data tidak ada atau kalau sudah ada di sheet target akan remainder bahawa data tersebut sudah ada di sheet target agar tidak ada penggandaan data di sheet target.
  6. Caton

    19 Des 2017 Terverifikasi Indonesia + 12.602 Poin

    Oke mas @Ache... lewat PM saja ya... ;)

 

atau Mendaftar untuk ikut berdiskusi!