No telpon pelanggan

  1. 10 bulan yang lalu

    Mohon pencerahan para suhu di group belajar Excel yang saya hormati. Saya menemui kendala dalam membandingkan no telp customer. Kami contohkan dalam sheet ini adalah worksheet 2017 dengan data Jan-Des 2017. Dan Asumsi yg sama di worksheet 2016. (Asumsikan 2016. Dengan data tamu sama apabila berbeda maka akan terlihat dikolom keterangannya perbedaan 2016 dan 2017)
    Saya coba dengan vlookup. Datanya masih tidak matching.
    Kesimpulan pertanyaan saya ada disheet ini. Arsir kuning. Apabila kita bandingkan dengan worksheet 2016. Dengan asumsi konsumennya setiap bulannya adalah no telp yg sama. Atas bantuannya kami ucapkan terimakasih.

  2. Caton

    30 Nov 2017 Terverifikasi Indonesia + 11.522 Poin

    Saya coba bantu dengan apa yang saya pahami pada file terlampir. Kuncinya (sesuai penjelasan di atas) adalah Nomor Telepon dan Bulan Data. Hanya saja, dalam hal ini masing-masing data bulanan pada setiap sheet (sheet JAN, FEB, MAR, ...) saya gabungkan dalam satu tabel utuh guna memudahkan formulasi dan pemeriksaan data. Data dibedakan dalam tahun data (sheet 2016 dan 2017).

    Mungkin masih ada kekeliruan atau ketidaksesuaian data ataupun konsep tabulasinya. Jadi silahkan diperiksa, dimodiikasi kembali dan didiskusikan... ;)

  3. Luar biasa mas Caton ini. Salut terpecahkan permasalahannya. Mohon kami diberi sedikit clue kembali. Seandainya data ini ada ratusan ribu dalam setahun. Dan sudah kami ikutibuntuk ascending dng contoh sheet "2016" dan sheet "2017". Ini sudah OK. Mas. Pertanyaan kami berikutnya
    1.Apakah yg di sheet "customer" harus di ascending dan dibuang satu persatu data yg sama. Mengurangi kesalahan delete. Pada data customer yg sama agar menjadi satu data di sheet "customer" tsb.
    2. Pada sheet report. Berarti kita tinggal mengcopy paste-kan saja no telp tersebut saja? Sy coba copas Kendala pertama adalah apabila no telp yg dimaksud berawalan 081........ Ada angka nol didepannya.
    Saya coba isikan dengan custom"0"# dikolom tsb memang mau muncul. Namun secara rumus. Vlookupnya hasilnya ditiap bulan jadi#reff.
    Sy coba pakai tanda apostrof dipenulisan teleponnyanya dan rubah kembali data di cusfomer. Dan hasilnya sy copas lagi. Baru menghasilkan nilai. Mohon petunjuknya mas Caton. By the way formula yg sudah diberikan sudah sesuai dengan harapan saya. Terimakasih banyak.

  4. Caton

    1 Des 2017 Terverifikasi Indonesia + 11.522 Poin

    Sebenarnya, tabel data pada sheet Customer itu tidak begitu penting, jadi bisa digunakan juga bisa diabaikan. Tabel tersebut sebenarnya merupakan data sementara yang merupakan hasil penggabungan data dari sheet 2016 dan sheet 2017, yakni kolom D (Phone) dan kolom E (Customer Name) yang kemudian saya lakukan proses Remove Duplicates terhadap data Phone. Daftar unik hasil proses tersebut kemudian saya salin (copy) langsung ke sheet Report.

    Pada dasarnya, data nomor telepon (Phone) pada sheet Report jangan sampai ada yang duplikat. Meskipun begitu, jika memang ada data yang duplikat, tidak berpengaruh langsung pada formula yang digunakan pada sheet Report, hanya saja menambah data yang harus dikalkulasi. Sedangkan tabel pada sheet Customer tadinya akan saya hapus, namun iseng saja kemudian saya jadikan tabel, siapa tahu nanti dibutuhkan ... :D Jadi bila tabel data pada sheet Customer akan diabaikan, formula pada kolom D (Customer Name) pada sheet Report dapat dihapus dan digantikan langsung teks nama kustomer.

    Sebagai gambaran, proses yang saya lakukan adalah:

    1). Menyalin data bulanan per tahun ke dalam tabel sheet 2016 dan sheet 2017.
    2). Membuat sheet baru (sementara). Lalu menyalin seluruh baris data kolom nomor telepon dan kolom nama kustomer dari sheet 2016 dan sheet 2017 ke sheet kosong (sementara).
    3). Data hasil salinan tadi kemudian dibuang data yang duplikat (Remove Duplicates). Hasilnya adalah daftar data unik tanpa duplikat.
    4). Hasil proses ketiga di atas saya salin dan tempelkan ke sheet Report (kolom B dan kolom C). Dalam hal ini, saya melakukan Paste Special as Value.

    Untuk mengatasi masalah teks nomor telepon yang berubah tipenya menjadi angka (numerik), bisa dilakukan langkah seperti yang mbak @Mardana lakukan (menambahkan tanda kutip). Atau sorot kolom B (kolom nomor telepon) lalu ubah format selnya menjadi Text. Oleh karena pada tabel data sheet 2016 dan sheet 2017, nomor telepon (kolom Phone) disimpan dalam format Text, baiknya disinkronkan juga tipe data pada sheet Report.

    Demikian sedikit penjelasan dari saya. Silahkan didiskusikan kembali jika ada kendala... ;)

  5. Mengerti. Dan dengan jelas mendapatkan penjelasan yg luar biasa gamblang @mas Caton. Sekali lagi terimakasih atas arahannya.Semoga sukses selalu dan dapat memberikan informasi kepada kami semua. Anggota club belajar excel.
    Salam Hkrmat
    Mardana

 

atau Mendaftar untuk ikut berdiskusi!