Fungsi if dan vlookup

  1. 9 bulan yang lalu

    Mohon infonya kenapa fungsi if tidak bekerja ketika saya membuat formula seperti di bawah ini :

    =if(E6="";"";VLOOKUP(E6;DaftarAkun;2;0))

    padahal saya meniru persis seperti pada tutorial "Buat aplikasi excel Akuntansi dengan cepat dan paling mudah terbaru 2017" di YouTube.

  2. Caton

    25 Nov 2017 Terverifikasi Indonesia + 10.382 Poin

    Coba dijelaskan maksud tidak bekerjanya apa.. :) Atau berikan screen shoot-nya, atau yang paling tepat, berikan contoh filenya... :D Sumber masalahnya khan bisa macam-macam, misalkan nilai yang dicari tidak ada pada range acuannya, atau range acuannya tidak tepat (salah kolom, salah range), atau parameter Range_Lookup-nya seharusnya TRUE (atau 1 atau kosongkan saja)... ;)

  3. Terima kasih Mas Caton atas kesediaannya memberikan pengarahan.. ,
    Berikut ini saya lampirkan contoh file saya berikut screenshoot kronologinya beserta screenshot tutorial youtube tang saya ikuti.

  4. Caton

    27 Nov 2017 Terverifikasi Indonesia + 10.382 Poin

    Saya sudah coba, dan tidak ada masalah dengan formulanya. Kemungkinan masalahnya ada pada Regional Setting yang digunakan pada komputer mas @Teuku Ivan ... Pada Video tutorial tersebut, tanda pemisah (separator) yang digunakan menggunakan Regional Setting Indonesia (titik koma atau semicolon). Jika pada komputer mas @Teguh menggunakan Regional Setting US/UK, maka tanda pemisah yang digunakan adalah koma. Perbedaannya:

    =IF(E6="";"";VLOOKUP(E6;DaftarAkun;2;0))

    Formula di atas digunakan pada sistem komputer yang menggunakan tanda pemisah (separator) titik koma, sebagaimana yang digunakan pada Regional Setting Indonesia. Sedangkan default atau untuk Regional Setting dengan tanda pemisah adalah koma seperti pada Regional Setting US atau UK, maka formulanya menjadi:

    =IF(E6="","",VLOOKUP(E6,DaftarAkun,2,0))

    Coba mas @Teuku Ivan buka file terlampir, dan lihat apakah ada perbedaan tanda pemisah argumen dalam formula pada sel F6 sampai dengan F8 (untuk Regional Setting di komputernya tidak usah diubah dahulu). Pada komputer saya, Regional Setting-nya adalah Indonesia. Jika komputer mas @Teuku Ivan menggunakan Regional Setting berbeda, seharunya Excel akan mengadaptasikan formulanya secara otomatis. Mungkin demikian masalahnya dan solusinya... ;)

  5. Alhamdulillah, terima kasih banyak atas atensinya. Telah berhasil dengan aku rubah regional settingnya seperti yg mas Caton sarankan.

  6. Caton

    28 Nov 2017 Terverifikasi Indonesia + 10.382 Poin

    Sama-sama mas @Teuku Ivan ... silahkan diskusikan kembali jika ada kendala dan masalah... ;)

  7. Terima kasih Mas Caton salam juga buat rekan2 di sini

 

atau Mendaftar untuk ikut berdiskusi!