validasi data

  1. 9 bulan yang lalu

    Selamat siang agan2.
    saya mau nanya, cara bikin validasi otomatis gimana yah?
    misal ada 5 kolom.
    1. kode daerah => ganti dari 007 jadi 008, terus tabel'a berubah gitu gan
    sama, validasi data untuk tanggal'a juga.
    file terlampir.
    terima kasih gan

  2. Caton

    13 Nov 2017 Terverifikasi Indonesia + 10.289 Poin

    Mas @Ferdy ingin memvalidasi data atau memfilter data? Karena saya memahami pertanyaan mas @Ferdy sebagai proses memfilter data. Jika benar yang saya pahami, maka proses yang dapat dilakukan bisa dikatakan hampir mirip dengan diskusi di sini. Intinya ada dua buah tabel, yakni tabel sumber data dan tabel hasil filter, dan sebuah tabel bantu (atau kolom bantu formulasi). Bila tidak ingin menggunakan tabel bantu, bisa menggunakan Array Formula, namun tentunya sangat tidak disaran dengan jumlah data yang banyak. Contoh untuk proses penyaringan data berdasarkan satu atau beberapa kriteria dengan menggunakan formula, coba diperiksa file terlampir (berdasarkan data yang mas @Ferdy lampirkan).

    Jika apa yang saya jelasakan di atas tidak sesuai dengan apa yang mas @Ferdy tanyakan, mungkin bisa mas @Ferdy jelaskan kembali maksud dari validasi yang diinginkan... ;)

  3. mas @Caton terima kasih untuk penjelasan'a.
    benar sekali file yg bapak berikan seperti yang saya inginkan.
    cuma kenapa pada saat di sheet filter enggak jalan yah filter'a?
    terima kasih

  4. Caton

    16 Nov 2017 Terverifikasi Indonesia + 10.289 Poin

    Tidak jalan bagaimana? Sudah dicoba mengubah nilai kriteria filternya yakni pada sel D2, D3, D4 dan D6 (baris dengan teks berwarna merah)? Bila ingin melihat hasil berdasarkan Kode Daerah-nya saja, maka pilih nilai dari drop down pada sel D2, dan hapus nilai pada sel lainnya. Bila ingin melihat data berdasarkan kriteria Tanggal Pembuatan-nya saja, isi nilai tanggal pada sel D4 dan hapus nilai pada sel lainnya. Prinsipnya, proses filtering dilakukan berdasarkan satu atau lebih kriteria yang ada pada input kriteria (yakni pada sel D2, D3, D4 dan D6).

    Atau mas @Ferdy bisa lebih spesifik menjelaskan maksud tidak jalannya (mungkin dengan menjelaskan proses yang dilakukan).

  5. sebenar'a apa yang saya inginkan sudah pas sesuai dengan file yg bapak kasih.
    tapi, memang hasil'a gak keluar.
    saya gak tau apa excel saya yang salah atau gimana yah?

  6. Caton

    16 Nov 2017 Terverifikasi Indonesia + 10.289 Poin

    Coba hapus dahulu nilai pada sel lainnya selain D2. Dan pilih nilai dari sel D2 melalui drop down list-nya. Lihat apakah ada perubahan. Jika tidak, maka lihat ke sheet Database, kolom J sampai kolom M. Lihat apakah ada error (kesalahan, semisalnya #Value atau #NA)...

  7. Caton

    16 Nov 2017 Terverifikasi Indonesia + 10.289 Poin
    Di sunting 9 bulan yang lalu oleh Caton

    Satu hal lagi, tidak semua data akan ditampilkan. Jika tidak ada data yang tampil, artinya tidak ada data yang memenuhi syarat atau kriteria yang ditentukan... Pada gambar yang mas lampirkan, saya coba memang tidak ada data yang sesuai... ;) Silahkan periksa data pada tabel Database, apakah ada data tanggal 12 September 2016.

  8. Ohh iya pak caton, di sheet dbase'a banyak banget yg #Value. untuk kolom J sampe M
    itu artinya salah rumus yah?

  9. Caton

    16 Nov 2017 Terverifikasi Indonesia + 10.289 Poin

    Jika kesalahan ada pada kolom J dan kolom K, artinya nilai pada kolom G dan kolom H tidak tepat dengan formula pada kolom J dan kolom K. Begini, saya menggunakan Regional Setting Indonesia. Sehingga nilai pada kolom G dan kolom H tidak bisa diproses (dikalkulasi dengan benar). Oleh karenanya, saya konversikan dahulu nilainya melalui kolom J dan kolom K. Jika Regional Setting yang mas @Ferdy gunakan English atau US, kalkulasi tersebut akan bermasalah karena nilai pada kolom G dan kolom H sudah berbentuk tanggal. Solusinya, coba ubah formula pada kolom J dan kolom H masing-masing menjadi =G5 (untuk sel J5) dan =F5 ((untuk sel H5) lalu salin formula ke bawah. Lihat apakah ada perubahan... ;)

  10. saya sudah coba setting ke regional indonesia, memang #value'a hilang, cuma sheet filter tetep gak jalan.
    kalo saya lihat di excel'a sih udah sesuai pak caton.
    Kolom J => pake G5
    Kolom H => Saat ini kosong, kalo saya pake f5 akan berubah jadi currency.

  11. Caton

    16 Nov 2017 Terverifikasi Indonesia + 10.289 Poin

    Begini mas @Ferdy, saya coba klarifikasi dahulu ya...

    [+] Pertama, jika Regional Setting-nya diubah menjadi Indonesia, maka formula di kolom J dan kolom H tidak perlu diubah dahulu. Gunakan formula sebelumnya. Pada formula sebelumnya, jika tipe nilai pada sel G5 masih berupa teks, maka pada J5 akan menghasilkan nilai tanggal dari sel G5. Namun jika tipe nilai sel G5 sudah berupa tanggal, maka sel J5 akan menghasilkan error #NA, bukan #Value.

    Namun jika Regional Setting-nya masih berupa US/UK, maka coba ubah formula di sel J5 menjadi:

    =IF(LEN(G5);G5;"")

    Namun dengan syarat, tipe nilai sel G5 sudah berupa numerik (angka atau bilangan). Untuk menguji apakah tipe nilai sel G5 numerik atau teks, coba buat formula berikut di sel O5:

    =ISNUMBER(G5)

    Apabila hasilnya FALSE, artinya tipe nilai pada sel G5 adalah teks. Jika teks, maka formula sebelumnya yang sebaiknya digunakan. Sebaliknya, jika TRUE maka formula =IF(LEN(G5);G5;"") bisa digunakan...

    [+] Kedua, untuk menguji hasil filternya, pada sheet FILTER, kriteria filter cukup dipilih pada baris Kode Daerah dahulu, misalkan 007. Sedangkan yang lainnya, dikosongkan saja dahulu. Seharusnya, jika tidak ada masalah, maka pada tabel dibawahnya akan muncul data hasil filternya. Jika proses filter pertama ada hasilnya, kemudian masukkan (pilih) nilai pada sel D3 (Jenis), misalkan TDA. Lihat apakah ada hasilnya. Demikian juga dengan selanjutnya. Jika pada salah satu tahapan memasukkan nilai kriteria data tidak muncul, pastikan semua nilai kriterianya ada pada tabel Database kolom B, kolom D, kolom F dan kolom G. Jika nilai ada, namun data tidak muncul, lihat sel L2 apakah muncul error. Jika tidak, maka penelusuran harus dilakukan ke sheet DATABASE pada kolom L dan kolom M.

    [+] Ketiga, yang perlu diperhatikan adalah perubahan tipe nilai pada sheet DATABASE kolom B (kode Daerah) dan kolom G (Tanggal Pembuatan). Intinya, tipe nilai Kode Daerah pada tabel Database harus sesuai dengan tipe nilai pada sel D2 sheet FILTER, demikian juga tipe nilai Tanggal Pembuatan pada tabel Database harus sesuai dengan tipe nilai pada sel D4 sheet FILTER.

    Demikian prediksi dan solusi yang bisa berikan saat ini... ;)

  12. yosh! pak @Caton.
    setelah saya ganti regional indonesia bisa, namun untuk kode daerah 101-401 kenapa gak bisa yah? untuk kode daerah yg lain gak bisa.
    apakah banyak jumlah data di dbase berpengaruh?

  13. Pak @Caton, ternyata saya ada salah tarik data di SQL.
    masih ada beberapa kolom yang ketinggalan.
    bisa tolong saya pak :(
    udah mentok bener.
    nanti filter.criteria schm type saya pengen yang warna kuning itu khusus TDA, jadi ketika filter.criteria Jenis dipilih CCA otomatis pilihan yang kuning dan merah itu gak bisa dipilih.

    berikut file'a pak, semoga bisa di bantu

  14. Caton

    17 Nov 2017 Terverifikasi Indonesia + 10.289 Poin

    Silahkan mas @Ferdy periksa kembali file terlampir. Dalam hal ini, ada beberapa modifikasi dari tabel yang digunakan, termasuk kolom bantu dan definisi nama range.

    Catatan, dengan data yang lumyan banyak, saat proses filtering, kemungkinan akan terjadi lag (not responding) sementara. Maaf, saya belum bisa memberikan solusi lainnya. Mungkin saja bisa menggunakan VBA, atau Power Query atau Pivot Table, namun saya belum mencobanya. Jadi, dicoba dahulu dengan solusi saat ini ya mas @Ferdy... Semoga sesuai... ;)

 

atau Mendaftar untuk ikut berdiskusi!