Formula seperti Query SQL

  1. 10 bulan yang lalu

    Selamat siang agan2.
    saya mau tanya, kalo di SQL kan ada query seperti select nama_column from table A where nama like '%a'

    Nah yg ingin saya tanyakan kalo di excel bisa gak yah bikin formula seperti itu?
    kebetulan saya banyak sekali column dan rows.
    Mohon bantuan'a bapak dan ibu sekalian.

  2. ini contoh file'a gan.
    saya mau mencoba select kode dimana tanggal awal'a bulan september.
    cuman hasil'a muncul di sheet 2.
    terima kasih.

  3. Caton

    10 Nov 2017 Terverifikasi Indonesia + 11.512 Poin
    Di sunting 10 bulan yang lalu oleh Caton

    Jika menggunakan Built-in Formula, yang saya tahu (di Excel 2010) tidak ada. Namun, prosesnya bisa saja dilakukan dengan 3 cara (setidaknya ini yang saya ketahui).

    [1]. Menggunakan formulasi biasa. Triknya serupa dengan bahasan dalam diskusi ini atau di sini, dengan menyusun tabel bantu sebanyak baris data dari range sumber datanya. Tujuannya sih untuk menghindari penggunaan Array Formula. Sumber datanya dapat diambil dari worksheet berbeda dalam workbook yang sama, atau dari workbook (file) berbeda.

    [2]. Melalui Data Connection > From Other Sources > From Data Connection Wizard (buat dahulu ODBC Data Source menggunakan pilihan Microsoft Excel Drivers) atau melalui Data Connection > From Other Sources > From Microsoft Query (Data Source dapat ditentukan dengan membuat Data Source yang baru atau menggunakan Data Source yang sudah ada jika sebelumnya sudah pernah dibuat). Memang agak merepotkan, namun keuntungannya antara lain dapat mengurangi beban proses karena terhindar dari proses kalkulasi. Selain itu, kita dapat membuat kueri sesuai keinginan dan data hasil kueri dapat ditampilkan dalam objek Tabel atau langsung ke dalam Pivot Table. Contoh pengeditan perintah koneksi kueri (atau klik tombol Edit Query... untuk menampilkan jendela Microsoft Query Editor):

    Shoot018.png

    [3]. Menggunakan PowerQuery (Addin untuk Excel 2010 SP1 dan Excel 2013). Selengkapnya dapat dibaca dan dipelajari dari sini . Dengan PowerQuery, kebutuhan pemrosesan data seperti yang mas @Sr26 bisa dilakukan dengan lebih mudah dan nyaman.

    Jadi, mau yang mana dan bagaimana, silahkan dipilih. Saya pribadi akan memilih sesuai kebutuhan saja. Contoh file terlampir dengan catatan, untuk koneksi ke Data Source harus diatur (modifikasi) ulang guna menyesuaikan dengan lokasi baru file sumber data (Tes - Database.xlsx).

  4. Dear Bapak @Caton ,

    Wow terima kasih banyak atas penjelasan'a, sangat2 membantu saya.
    akan saya coba cara'a.
    sekali lagi terima kasih banyak pak

  5. Caton

    11 Nov 2017 Terverifikasi Indonesia + 11.512 Poin

    Oke, sama-sama mas @SR26... :) Sekedar tambahan saja, selain cara-cara di atas, untuk proses kueri datanya juga bisa dilakukan dengan menggunaka macro (kode VBA)... ;)

  6. Di sunting 10 bulan yang lalu oleh sr26

    deleted

 

atau Mendaftar untuk ikut berdiskusi!